Menyimpan File di Internet (Online Backup) Gratis

Dropbox-Online BackupMenyimpan file di internet atau backup file secara online dapat dilakukan dengan menggunakan berbagai layanan file hosting, baik yang gratis atau pun berbayar. Salah satu tempat penyimpanan file online (online backup) yang cukup bagus, yaitu layanan dari Dropbox. Selain tempat backup online juga dapat dibagikan dengan orang lain, serta file dapat disinkronkan dengan tempat penyimpanan di komputer lokal atau pun di akun Dropbox kita yang lainnya.

Ketika menggunakan layanan online backup dari Dropbox, kita tidak perlu membawa usb flashdisk (UFD) untuk memindahkan data dari laptop ke komputer kerja di kantor. Dan kita akan lebih leluasa mengedit file kapan pun dan di mana pun, karena antara dokumen di komputer kantor dan komputer di rumah atau di laptop kita akan selalu sinkron ketika ada koneksi internet. Selain itu, bagi pengguna perangkat mobile seperti Android, iPhone, iPhad, dll dapat menggunakan Dropbox sebagai penyimpanan file cadangan secara online.

Beberapa manfaat jika kita menggunakan Dropbox sebagai media penyimpanan online, antara lain:

  • Gratis ruang penyimpanan 2 GB.
  • Ruangan dapat bertambah jika diupgrade dan atau ada yang mendaftar melalui referral kita.
  • Dapat dijadikan tempat penyimpanan file cadangan (online backup).
  • Data dapat sinkron setiap saat ketika ada koneksi internet (file sync).
  • Dapat dibagikan dengan orang lain untuk didownload (file sharing) jika diletakkan pada folder public. Dan URL filenya akan tetap walaupun isi file sudah kita perbaharui, serta dapat didownload secara direct link.
  • Upload file dapat dilakukan dari akun kita melalui website Dropbox atau menggunakan aplikasi Dropbox yang terinstall di komputer. Aplikasi Dropbox ini dapat melakukan sinkron file secara otomatis.
  • File dapat dilihat dari website Dropbox dan aman ketika berada di sana karena Dropbox menggunakan sistem enkripsi data, kecuali jika folder penyimpananya di-share.
  • Bebas dari iklan yang mengganggu.

Cara Penggunaan Dropbox:

  • Silakan mendaftar terlebih dahulu melalui website Dropbox dari sini.
  • Download dan install aplikasi Dropbox di komputer Anda, download di sini.
  • Selanjutnya silakan login dari website Dropbox atau jika ingin langsung sinkron, silakan login dari aplikasi Dropbox di komputer Anda. Dengan menggunakan email dan password yang digunakan ketika mendaftar (registrasi) akun Dropbox.
  • Silakan atur letak folder Dropbox di komputer, jika diperlukan.
  • Jika ingin agar orang lain bisa mendownload file Anda, letakkan file tersebut pada folder “Public”, dan klik kanan serta salin, jika ingin menyimpan URL file tersebut (hal ini dapat dilakukan jika ada koneksi internet).
  • Folder di Dropbox dapat juga dishare ke akun orang lain atau ke akun kita yang lain, sehingga data akan tersimpan bukan saja di akun kita tapi di tempat lain, dan orang lain pun bisa melakukan pengeditan pada dokumen tersebut. Caranya melalui menu “Share a Folder” dari situsnya, atau “Share This Folder” dari menu klik kanan pada folder My Dropbox di komputer Anda.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat!

Tags: , , , , , , , , ,

Komentar Terakhir:

Siang Mas,

Terima kasih banyak infonya.

Saya sebenarnya merasa perlu menggunakan aplikasi seperti ini, namun yang masih menjadi pertanyaan saya adalah, apakah file kita tersebut benar2 aman? Walaupun tidak kita sharing ke publik. Aman dalam artian aman dari peretas yang kemungkinan bisa membongkar dan mencuri file kita, bahkan dari pihak penyedia layanan ini sendiri. He he..

Terima kasih.

rgds,
ekians

@Ekian
relatif aman, mas. tapi, sebaiknya hanya untuk dokumen yang bersifat umum. Jika itu dokumen rahasia, sebaiknya simpan baik-baik di cd saja dan gunakan password yang aman dan kuat.

mantap infonya gan …tak sedot dulu ilmunya Blog ane

suka

mantap gan…
i loppp u pulll….

Tks infonya.Bermanfaat banget ,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,:P

good…
thanks a lot…

ra iso….angel tenan, stressss….!?

terima kasih atas informasinya, siiiip sekali

thanks tas infoy

like

ada g membuat wordpress yang lebih mudah.

keren……mantap………

mas,punya pas booting kok cuma ada tulisan ANDROID aja ya,gmn ya??

Mohon Tinggalkan Komentar, Terima Kasih