Warga Diminta Waspadai Letusan Gunung Kerinci

Gunung kerinci yang merupakan gunung berapi tertinggi di Sumatera dengan ketinggian sekitar 3.800 meter di atas permukaan laut (DPL), yang terletak di Kecamatan Kayu Aro. Sekitar awal mei lalu telah terjadi gempa dan pijar api yang datang dari gunung kerinci yang mengejutkan warga sekitarnya. Saat ini terus memperlihatkan aktivitasnya, dan sekarang masuk pada level Waspada II.

Saat ini Pemkab setempat telah melakukan simulasi dan menyiapkan tempat pengungsian (Kecamatan Siulak) sebagai antisipasi jika terjadi letusan. Wabup Jambi telah meminta warganya untuk tetap waspadai akan letusan Gunung Kerinci. Pada Rabu (14/5) sekitar pukul 22.30 WIB, Gunung Kerinci sempat mengeluarkan letusan keras, dan ketika itu raungan keras muncul dan setiap dua menit mengeluarkan api pijar dan debu seperti yang diberitakan oleh ANTARA (11/6/2009).

Kabupaten Kerinci berjarak sekitar 410 Km dari Kota Jambi, berada di sisi barat Privinsi Jambi, berbatasan dengan Sumbar dan Kabupaten Muko Muko (Bengkulu) dihuni lebih dari 300 ribu jiwa.

Sumber: ANTARA (11/6/2009)

3 thoughts on “Warga Diminta Waspadai Letusan Gunung Kerinci

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *