Mengatasi Karet/Seal/Sil Injector Robek dengan Selotip

Seal O-ring Injector RobekInjector/injektor adalah alat yang digunakan untuk menyemburkan bahan bakar ke dalam intake manifold untuk memenuhi kebutuhan pembakaran di ruang silinder. Seiring berjalannya waktu, lambat laun injector akan mengalami sumbatan oleh kotoran yang berasal dari bahan bakar yang digunakan, hal ini akan menyebabkan kekuatan semprot atau pengabutan bahan bakar kurang maksimal. Oleh karena itulah injector sebaiknya dibersihkan, sekarang sudah tersedia alat khusus untuk membersihkan injector dengan bantuan alat canggih yaitu dengan bantuan alat ultrasonic, maupun sederhana, yaitu menggunakan alat yang dapat dirakit sendiri di rumah. Namun, untuk melakukan pembersihkan injector kita harus hati-hati jangan sampai merusak injectornya. Hal yang terpenting adalah tetap menjaga keutuhan dari sil injektor, karena walaupun kecil namun fungsinya sangat besar untuk menjaga agar tidak terjadi kebocoran bahan bakar. Namun, kadangkala walaupun sudah hati-hati tetap saja ada masalah yang terjadi, seperti terjadinya kerusakan pada karet injector. Untuk itu ada cara sederhana untuk mengatasi robeknya seal O-ring injector ini yaitu dengan bantuan selotip yang biasa digunakan pada keran air.

Hal ini berawal ketika mencoba untuk membersihkan injector (fuel injection valve) dari kotoran dengan menggunakan bantuan alat sederhana yang banyak digunakan dan ditutorialkan di situs youtube.com, yaitu dengan menggunakan aki, cairan injector cleaner, dan seperangkat alat berupa kabel dan tombolnya. Namun karena penulis masih sangat newbie dan belum berpengalaman, akhirnya merusak seal O-ring injector bagian atas. Karena sealnya tidak dilepas dan terus terpapar oleh cairan injector cleaner. Dan ketika injector akan dipasang kembali pada posisinya, maka akan sulit sekali akhirnya dipaksa dan mengalami kerusakan/robek/putus.

Setelah injector terpasang dan kunci kontak di posisi on (mesin belum distart) , maka pompa bahan bakar (fuel pump) mulai bekerja dan begitu juga bahan bakar nyembur ke luar dari seal yang robek tadi. Berhubung sealnya sulit dicari pada toko offline di tempat saya. Akhirnya tindakan sementaranya adalah dengan menggunakan selotip warna putih yang biasa digunakan untuk mencegah kebocoran pada keran air. Hasilnya kebocoran dapat teratasi dan tidak ditemukan semburan atau pun rembesan minyak dariĀ fuel injector valve yang karetnya rusak/putus/robek. Untuk memastikannya, newbie tunggu hingga minyak yang membasahi daerah sekitar injector kering, kemudian newbie coba putar kontak ke arah on dan hasilnya tidak ditemukan rembesan dan semprotan bbm ke luar. Keesokan harinya dicek kembali dan aman tidak terjadi kebocoran injector.

Tindakan darurat ini hanyalah untuk sementara saja, sedangkan agar lebih aman gantilah seal dengan yang baru. Hari ini sudah banyak tersedia seal injector di toko online seperti: tokopedia, bukalapak, dll. Jika sealnya sudah parah kerusakannya, kita bisa menggunakan seal o-ring dari motor, namun kadang perlu dikikis terlebih dahulu agar bisa masuk dan ditambahkan selotip biar aman.

Fungsi dari Selotip ini adalah selain mengatasi rembes juga akan memudahkan pemasangan injector pada posisinya dibandingkan tanpa menggunakan selotip.

Hal terpenting yang perlu diperhatikan ketika membersihkan sesuatu dengan carbu cleaner atau injector cleaner adalah untuk melepas terlebih dahulu bahan yang terbuat dari karet, karena akan melar dan rusak jika terkena cairan tersebut. Seperti beberapa hal yang pernah newbie alami yaitu: rusak/melarnya karet vakum carbu ketika membersihkan karburator tanpa melepas karet vakumnya. Begitupun ketika membersihkan injector tanpa melepas semua seal yang ada pada injector, hal buruk pun terjadi yaitu membuat seal bagian atas sedikit melar dan kesat, sehingga sulit memasukkan injector pada posisinya dan pada akhirnya robek.

Semoga sedikit pengalaman dari newbie ini dapat bermanfaat bagi pembaca. Demikian tindakan darurat untuk mengatasi seal injector robek atau putus dengan bantuan selotip.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *