Membersihkan File yang Terinfeksi Virus Tanpa Dihapus

Berbagai antivirus kadang memiliki kemampuan yang sangat luar biasa dalam mendeteksi virus yang menyebar saat ini. Berbagai respons segera dari antivirus muncul secara otomatis bila di memori komputer atau pada suatu file mengandung virus atau berbagai kode yang mencurigakan. Akan tetapi, banyak antivirus langsung menghapus file yang sudah terinfeksi virus tadi tanpa bekas.

Untuk mengawal komputer Anda dari serangan malware yang membahayakan sebaiknya gunakan antivirus yang memiliki informasi virus yang terupdate, dan selalu siap melakukan penyerangan bila ada sesuatu yang mencurigakan. Namun, bila ada file entah itu dokumen, program, driver yang sudah terinfeksi oleh virus maka peran antivirus pengawal ini dapat berakibat hilangnya data yang Anda miliki. Untuk itu kita perlu berbagai tools pembersih virus yang memiliki nama yang beragam namun yang sering terdengar adalah virus remover, yang biasanya banyak dimiliki berbagai antivirus. Di mana tools ini diciptakan hanya untuk membersihkan satu atau berbagai virus tertentu saja.

Berbagai antivirus yang dapat membersihkan virus tanpa menghapus file yang sudah terinfeksi sangat dibutuhan sekarang. Berikut berbagai antivirus dan tools yang dapat dicoba untuk membersihkan virus yang sudah menyerang dokumen Anda.

  • PC Media Antivirus (PCMAV): Sangat bagus membersihkan file dokumen dari virus lokal dan asing.
  • Dr.Web Antivirus: Cukup ampuh membersihkan file exe dan dokumen yang terinfeksi, seperti: program, driver, dokumen yang terserang berbagai virus seperti virus win32/virut, dll.
  • Restore My Files: Cukup ampuh menyelamatkan file MS Office (word, excel, power point).
  • Hexapad: Pembersihan virus dengan membuang kode virus yang ada di file dokumen Anda secara manual.
  • Remover dari AVG (remover untuk: virut, sality, alman, dll)
  • Dan berbagai remover lain seperti dari: Panda, Kaspersky,dll. Silakan dicari sendiri, biasanya setiap antivirus memiliki tools pembersih virus khusus.

(semua yang di atas dapat didownload dari sini atau langsung mengunjungi situsnya).

Silakan, jika ada yang ingin menambahkan. Semoga bermanfaat.

35 thoughts on “Membersihkan File yang Terinfeksi Virus Tanpa Dihapus

  1. Achmad

    kalo aku biasa bersihkan file yang terinfeksi Virus menggunakan PCMAV soale Dokumen yang dibersihkan oleh anti virus yang satu ini aman2 aja hingga saat ini tidak seperti anti virus lainnya yang cenderung berantas Virus beserta file yang terinfeksi coba bayangkan jika kita membersihkan dokumen yang penting bagi kita ehh ternyata file yang kita bersihkan akhirnya ikut2an lenyap diberantas oleh anti virus kita sendiri berarti senjata makan tuan tu namanya.Salut untuk anti virus buatan indonesia. 🙂

    Balas
  2. Heryan Tony Penulis

    @Marsudiyanto
    Wah, kok ziddu bertingkah lagi neh. Mungkin servernya terlalu sibuk, kale

    @Achmad
    Iya Boss, tapi kalo file exe yang dirusak virus Dr.Web cukup bisa menyembuhkan.

    Balas
  3. Awieq

    Matur nuwun mas…..
    emang sing komputer aku temasuk aman dari Virus… tapi temen banyak inta tolong untuk repair file / doc yg terkena virus terutama documen-2 dari hasil MS Office…. kan kasihan .. mereka Apalagi udah buat Presentasi bagus-2 terserang Virus…

    Sekali lagi matur nuwun..
    Langusng di sedot nehh

    Balas
  4. velli

    Dr. Web gak cukup ampuh untuk membersihkan Virut/w32…awalnya seh virus terbaca dan sempat di Clean…tapi begitu restart! Yah…sama aja! Virus masih ad juga!

    Saran saya…pke AVG virus Removal/Virut … sgt ampuh untuk mengatasi virus ini (Virut/W32)… Kompie saya yang 9 hari kacau karena virus ini…sekrang sudah OK!!!!

    Balas
  5. Heryan Tony Penulis

    @Velli
    Tergantung sama varian virusnya, mas. Seperti yang pernah saya temukan, saya coba dengan virut remover dari avg, anti virut dari vaksin.com. Tapi ga bisa dihapus, malah Dr.Web yang benar-benar bisa melahapnya.

    Balas
  6. benkyas

    sorry bro gue mo nanya nich ma lo, untuk munculin deepreeze yang ilang dari komputer gimana tuh, soalnya dikomputer gue deepreeze nya tetep aktif padahal lambang/tool yang dipojok kanan bawah dah ga ada alias hilang tapi tetep aja aktif gmn bro…? gue dah coba di ctrl + alt + shift + f6. tp ga berhasil juga bahkan sama sekali ga ada procesnya.

    Balas
  7. Donni Maulana

    klo ada 3 antivirus boleh gx ?? masih tetep jalan gx pcnya ?? kata ayah klo antivirus lebih dari 2, katanya gx jalan, bener/bohong ?
    klo pc aq 2 antivirus
    smadav
    avira-antivir

    Balas
    1. Heryan Tony Penulis

      @Donni Maulana
      tentu masih bisa jalan boss, semua tergantung dengan kemampuan komputernya. kalo komputernya agak lemot maka akan semakin lemot, begitu juga jika komputernya gagah, dipasang 5 antivirus sekaligus juga tetap gagah……. 😀

      Balas
  8. Raka nugraha

    maaf mas… pc saya terkena virus sality AT sama Trojan.
    saya pakai antivirus Avira.. trus saya scan drive c dan d.. trus di avira terdeteksi trojan sama sality tsb.. kan format nya exe. .trus ak repair sama always ignore..,
    eh pas aku restart kan msh gitu.. kuar mulu.. yang antivirus guard itu..

    saya coba dari forum lain saya baca itu penyebabnya autorun.inf itu yg memanggil virus tsb..,

    trus biar gak terdeteksi lg dsruh buat notepad
    2 buag
    yang pertama
    attrib -r -a -s -h autorun.inf
    erase autorun.inf save sbg format bat
    spt itu
    trus yang kedua

    isi remove simpan jadi remove.inf

    tp kok masih gitu.. malahan tadinya cuma si mbak sality kmudian brpsngan ama si mas trojan gimna? tuh

    emng kalo pakai antivirus yang anda sebutkan di atas itu cuma membasmi virusnya kan.. tidak menghapus file yang di windows kita.. spt di driver….. makasih mas…, sebeumnya.. dan juga..,,, boleh saya tahu selain ngobrol disini di mana lagi secara offline saya bertanya sama anda ?>? tlong bantuannya…… makasih

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *