Ganti Selang AC yang Kembung atau Gembung

Selang AC Low PressureSelang AC mobil bagian low pressure mengalami kembung dan keluar oli tipis di sekitar selang, hal ini dialami sudah hampir 2 (dua) tahun, namun keadaan AC tetap dingin bahkan menggigil jika disetel paling dingin. Pada mulanya selang mengalami kembung pada pagian atas dekat kleman, namun ketika buka kap mesin sebelum penggantian selang, kembungnya selang bertambah pada bagian bawah. Lagi-lagi AC tetap dingin, karena belum terjadi kebocoran yang berarti namun hanya bagian luar selang saja yang terisi udara sedangkan bagian dalamnya masih utuh namun seluruh selang terlihat basah karena oli AC yang keluar melalui pori-pori selang, sepertinya umur selang sudah terlalu tua.

Selang karet pada AC terdiri dari bagian low pressure atau selang dingin. Selang ini terhubung dari evaporator di kabin menuju compressor ac. Sedangkan selang high pressure yaitu dari compressor menuju condensor pada bagian depan mobil.

Kebetulan di dekat rumah ada tukang AC, langsung kita ke sana untuk cek selang dan selongsong serta alat press, kebetulan ada semua. Berikutnya bongkar dulu selangnya di rumah, biar cepat pengerjaannya di bengkel ac nantinya. Cukup gunakan kunci ukuran 10, sebaiknya gunakan kunci T atau kunci sock. Ketika baut sambungan ke ovaporator sudah diputar akan keluar bunyi gas freon keluar dari sambungan yang longgar. Tunggu beberapa saat hingga freon habis, selanjutnya lepas ujung pipa yang terhubung ke bagian compressor.

Setelah selesai pembongkaran langsung selang beserta pipanya dibawa ke tukang AC. Di sana tukang ac langsung mengukur panjang selang karet yang dibutuhkan (tidak lebih dari setengah meter), kemudian menyiapkan selongsong atau klem press selangnya. Sebelumnya dilakukan pelepasan klem dari pipa dengan menggunakan mesin gerinda. Setelah semua selesai, pipa dan klem disatukan dan masukkan pipa ke dalam selang ac yang baru. Selanjutnya dilakukan proses penekanan pada klem (press klem) dengan menggunakan alat press pada kedua ujung/sambungan selang denga pipa. Sekalian minta ganti seal pada kedua ujung pipa sambungan agar tidak bocor.

Saatnya pulang dan memasang kembali selang dan pipa ke tempatnya dengan hati-hati. Hidupin mobil dan ac, ternyata kipas dan kompresor tidak bekerja/hidup. Hal ini karena switch pressure tidak bekerja otomatis tanpa tekanan gas. Jadi, setelah ganti selang kita mesti isi oli dan freon di tempat tukang AC. Jangan coba-coba melepas kabel switch otomatis untuk menghidupkan kipas dan kompresor, karena hal ini bisa merusak sistem ac. Tapi, segera isi freon di tukang ac agar ac bisa hidup otomatis tanpa perlu melepas kabel.

Rincian biaya: Ganti selang + ganti seal + klem + press = Rp150.000,- dan Biaya isi oli dan freon Rp200.000. Total biaya jika ganti selang + wajib isi freon = Rp350.000. Di atas adalah gambar selang ac yang sudah diganti.

Terima kasih, semoga pengalaman ganti selang ac low pressure ini dapat bermanfaat bagi kita semua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *