Disable Autorun pada Flashdisk

Disable Autorun Flashdisk. Penyebaran berbagai virus komputer dapat terjadi dari berbagai media, namun yang paling rentan untuk saat ini adalah melalui media UFD (USB Flash Disk). Berbagai cara yang dilakukan oleh pembuat virus seperti menciptakan file Autorun. inf pada flash disk secara otomatis, sehingga ketika flashdisk dicolokkan maka file Autorun.inf akan memanggil file yang ada didaftar file autorun.inf ini. Bagaimana cara untuk mematikan fungsi autorun dari flashdisk?

Berbagai teknik dan cara yang dapat dilakukan untuk mendisable autorun ini dapat dilakukan dengan bantuan berbagai aplikasi, pengaturan registry, dan setting-setting lainnya. Berikut ini kita akan melakukan pengaturan pada Group Policy Editor.

Dari menu Start, pilih Run (kombinasi tombol Windows + R) kemudian ketikkan “gpedit.msc”, selanjutnya pada jendela Group Policy, pilih root “User Configuration“, kemudian pilih “Administrative Templates“, selanjutnya pilih “System“, dan pilih “Turn off Autoplay“.

Kemudian pada jendela “Turn of Autoplay Properties” pilih tab “Setting”, kemudian pilih “Enable” pada bagian “Turn off Autoplay on: pilih “All drives“.

Cara berikutnya, tanpa perlu melakukan pengaturan namun ketika flashdisk terpasang langsung tekan tombol “Shift” sampai proses loading selesai. Fungsi dari penekanan tombol shift adalah untuk mendisable autoplay dari Flashdisk sehinga file Autorun.inf yang berisi perintah menjalankan file virus tidak terjadi.

7 thoughts on “Disable Autorun pada Flashdisk

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *