Cara Pasang Download Counter di Blog WordPress

Download Counter atau click counter boleh juga disebut hit counter merupakan salah satu istilah yang digunakan untuk menyebut penghitung berapa jumlah file yang didownload, dengan adanya download counter maka kita akan mengetahui sudah berapa kali file kita didownload. Bagi anda yang meletakkan filenya seperti di ziddu, 4shared, dll anda bisa melihat berapa kali file kita didownload, atau kita juga bisa menggunakan most popular download untuk mengetahui jumlah file yang terbanyak didownload. Tapi bagaimana agar penghitung downloadnya terlihat di blog kita atau di dekat link download kita?

Tool untuk memasang Download Counter sendiri sudah banyak tersedia di internet dari yang free hingga berbayar. Kali ini saya akan mengulas sedikit mengenai download counter untuk blog wordpress. Download counter untuk wordpress sendiri banyak tersedia dalam bentuk plugin di antaranya DownloadLite, DownloadAdvanced, Download Manager, wp-downloadMonitor. Namun kali ini saya akan membahas PHP click Counter saja.

Ok, langsung saja ikuti langkah-langkah memasang download counter di blog wodpress dengan menggunakan PHP Click Counter.

  1. Download dulu php click counter di sini.
  2. Silakan atur terlebih dahulu file settings.php kemudian lakukan pengaturan pada password pada bagian $settings[‘apass’]=’admin’; ganti admin sesuai dengan password yang anda inginkan.
  3. Pada bagian $settings[‘click_url’] =’http://www.namadomain.com/ccount/ click.php’; namadomain ganti dengan nama domain anda misalnya www.heryantony.com menjadi $settings[‘click_url’] =’https://www.heryantony.com /ccount/click.php’;.
  4. Berikutnya pada bagian /* Count UNIQUE clicks ONLY? 1 = YES, 0 = NO */ $settings[‘count_unique’]=0; ganti 0 menjadi 1 hingga menjadi $settings[‘count_unique’]=1;.
  5. Selanjutnya pada bagian $settings[‘unique_hours’]=24; maksudnya untuk mengatur setiap berapa jam perubahan baru diterapkan anda bisa ganti sendiri misalnya 1 jam, maka 24 diganti dengan 1. Setelah itu simpan dan tutup kembali file settings.php.
  6. Silakan upload folder ccount kemudian letakkan di root utama atau di dalam root public_html atau www.
  7. Pastikan file clicks.txt dan ids.txt permissionnya diganti ke write atau CHMOD 666 (rw-rw-rw).
  8. Agar angka yang menyatakan jumlah filenya terlihat di halaman blog anda, maka anda perlu menambahkan pada file header.php yang terdapat dalam thema yang anda gunakan.
  9. Sekarang ketikkan pada browser anda http://www.namadomain.com/ccount misalnya https://www.heryantony.com/ccount, nah, sekarang muncul halaman Admin Penel, masukkan password sesuai dengan yang telah anda setting sebelumnya.
  10. Untuk menambahkan link maka pada bagian add a link atur nilai start counting from, defaultnya 0 namun bila anda ingin memulai dengan angka yang lebih besar silakan. Pada “link name” isikan nama linknya sesuka anda. Selanjutnya pada bagian “Link URL” isikan dengan link untuk file yang akan didownload. Terakhir tekan tombol “Add link”. Nanti akan muncul halaman yang menampilkan link file yang kita masukkan tadi misalnya: https://heryantony.com/ccount/click.php?id=1 gunakan link ini untuk menggantikan misalnya https://heryantony.com/archive.zip
  11. Dan jangan lupa tambahkan <script language=”Javascript”>ccount_display(‘LINK_ID’)</script> ganti LINK_ID dengan link id file anda misalnya 1 karena ini menunjukkan https://heryantony.com/ccount/click.php?id=1 hingga menjadi <script language=”Javascript”>ccount_display(‘1‘)</script>.
  12. Contoh: Download PHP Click Counter (Total Download 88999 kali)

35 thoughts on “Cara Pasang Download Counter di Blog WordPress

  1. mrzicko

    gimana carax yah ,supaya alamat storage download kita ,terpasang di side bar blog di wordpress ??
    btw mas,banner dah dipasang ??
    balas yah..

    bagi2 teman2 yg mo tukaran banner, mampir yah,trus tinggalin comment ??

    Balas
  2. Devilova

    G ad script jadi tho?Dulu aq pet ri wen.ru tapi lupa alamate.Jadi tinggal upload ke site ndiri dengan format .js gitu.Haduh kirain yg dah mateng, tak taunya masih mentah.Byuh.

    Balas
  3. AMIN

    Pada point no 7:

    7. Pastikan file clicks.txt dan ids.txt permissionnya diganti ke write atau CHMOD 666 (rw-rw-rw).

    Pertanyaan:

    kenapa harus 666…..?

    Mohon penjelasannya. Terima kasih

    Balas
  4. baju muslim keke

    Tulisan keren tentang busana muslim ini baru pertama kali saya baca.

    Luar biasa sekali dan penting. Tiap orang yang pakai maupun sedang
    cari busana muslim seperti gamis dan koko di Indonesia harus baca ulasan ini.
    Kunjungi juga situs saya ya, banyak tulisan menarik yang mungkin bermanfaat bagi para pengguna busana muslim dari Keke Busana.
    Wass.

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *