Alat Penekan Piston Kaliper Rem Murah

Penekan Piston Kaliper RemAlat penekan piston rem atau traker (tracker) pendorong piston kampas rem ada banyak macamnya. Dapat dibuat sendiri dengan bantuan baut baik dilas ataupun tidak, tapi dapat juga dibeli dengan harga dari yang murah sampai yang mahal dengan bentuk tracker yang berbeda-beda. Namun, penggunakan kunci atau benda apapun yang dapat menekan piston rem yang memang tidak diperuntukkan untuk itu sangat tidak dianjurkan, apa lagi diketok atau dipukul dengan paksa sangat tidak dianjurkan sekali, karena akan merusak piston remnya. Jika tidak memiliki peralatan traker yang bagus seperti banyak yang dijual kita dapat menggunakan peralatan sederhana dan tentunya murah meriah. 

Baut dan Kunci Penekan PistonPenggunaan baut dan mur serta bantuan kunci-kunci memang bisa mendorong piston kaliper, namun hal ini mudah dilakukan pada rem motor. Sedangkan untuk rem mobil tentu perlu dorongan yang kuat, maka kita dapat menggunakan tracker/treker khusus untuk itu. Tapi di sini saya hanya menggunakan Klem C atau Catok C yang biasa digunakan untuk menekan atau menyatukan kedua benda, misalnya ketika akan dilem, dll. Tapi Klem C sangat membentu dan memudahkan sekali untuk menekan piston kaliper rem mobil dengan mudah.

Klem CKlem C atau Catok C ini dapat dibeli dengan harga yang lebih murah daripada membeli tracker khusus untuk menekan piston kaliper rem, namun fungsinya tidak akan berbeda. Saya sendiri membeli Klem C ini dengan harga Rp. 35.000,- saja dengan ukuran 4″ (Empat Inch). Untuk penekanan piston rem mobil dengan ukuran 4 inch sangat pas sekali. Ketika diputar pun tidak akan menggores/melukai bagian dari piston rem karena bagian unjungnya tidak ikut berputar. Di bawah ini penampakan dari klem C ukuran 4″ tersebut.

Perhatikan gambar di bawah, yaitu penampakan Klem C pada kaliper rem sebelum menakan piston dan penampakan piston setelah ditekan dengan klem c tersebut.

Penekan Piston Kaliper Rem

Demikian cara menekan piston kaliper rem dengan mudah hanya menggunakan peralatan yang murah meriah. Semoga alat penekan piston rem atau tracker/treker piston kaliper rem tersebut dapat bermanfaat dan membantu ketika akan menekan piston rem yang menonjol setelah pembersihan atau untuk menekan ketika piston menjadi terlalu menonjol atau terlalu keluar ketika mengganti kampas rem dengan yang lebih tebal/baru. Jika belum memiliki tracker khusus untuk itu, mari gunakan tracker murah meriah seperti baut dan mur ukuran 17mm untuk menekan piston rem motor atau klem C ukuran 4″ untuk menekan piston rem mobil dan motor.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *