Air Kelapa Obat Sariawan

Saya termasuk orang yang paling sering dihinggapi sariawan, dari kecil hingga dewasa. Sariawan pun datang kadang 1-2 bulan sekali, berbagai obat sudah digunakan untuk menyembuhkan sariawan. Kadang memberikan efek menyembuhkan kadang malah bikin parah. Sekarang penyakit sariawan tak berani nongol lagi, kalau pun ada sariawan pun tak betah berlama-lama.

Penyakit sariawan (chanker sores, ulkus aftosa) memiliki nama yang bermacam-macam sesuai dengan jenis dan penyebab dari sariawan. Sariawan disebabkan oleh berbagai faktor, antara lain bakteri, jamur, alergi makanan, asam lambung, kurang vitamin, fisik: tergigit, digigit πŸ™‚ dll. Obat sariawan pun beraneka ragam dari yang tradisional sampai yang modern. Secara medis obat sariawan yang sering digunakan adalah anti histamin, steroid, anti jamur, anti bakteri, vitamin c. Bentuk kemasan pun beraneka ragam: tablet, tablet hisap, larutan, sachet, dll. Dengan nama yang beraneka ragam dari Albothyl sampai Adem Sari. Tanda dan gejala dari sariawan pun bermacam-macam.

Berdasarkan pengalaman saya sendiri, obat sariawan yang sangat murah meriah dan memberikan efek yang sangat cepat dan terbukti manjur adalah Air Kelapa, lebih baik lagi Air Kelapa Hijau. Air kelapa mengandung berbagai vitamin, dan mineral yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita. Juga sangat dianjurkan banyak minum air putih agar selaput lendir ronga mulut tidak kering dan mengurangi rasa nyeri serta mempercepat proses.

Jika ada yang kena sariawan, silakan dicoba dengan air kelapa. Selain memberikan efek mempercepat penyembuhan (kuratif) sariawan, juga dapat digunakan untuk pencegahan (preventif) selain itu juga dapat menyehatkan, dan menyegarkan badan. Tapi jangan keseringan, apa pun kalau kelewat bisa berefek negatif lho.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat!

408 thoughts on “Air Kelapa Obat Sariawan

  1. prima

    Thanks banget infonya, tapi kalau air kelapa yang ga muda lagi berkhasiat ga??
    soalnya aku kalau sariawan, sampai nangis2….

    Balas
  2. amran

    ok deh….
    maksih atas pengalamannya, saya juga salah satu yang sering di hampiri penyakit ini
    mudah-mudahan pengalaman anda terbukti

    Balas
  3. Andi

    makasih yaa?? saya bingung, ibu saya sudah hampir 1 thn sariawannya ngga sembuh2..
    Padahal segala macam OBAT dari yg murah sampai yg Mahal sudah prnah dicoba smua.. ???!!!! Tapi Blm mampu Mengusir PenyakitNya..? Insya Allah saya akan coba…?? Makasih Infonya..??

    Balas
  4. chapoenks

    terimakasih banyak broo..!! ni air kelapa emng manjur buuaanget dah buat penyakit sariawan.. makasih buuaanyaak ya.. πŸ™‚

    Balas
  5. nurhany

    berapa minggu saya sariawan ngk smbh2,dah coba beberapa obt,juga ngk smbh2,saya coba dengan menggunakan Pasta gigi dngn Formula Enzim,dan saya coba menenpelkan Enzim ke sariawan yang sakit,Alhmdllah,hanya berapa hari saja sariawan saya hilng,smpai skrng saya slalu mnggunakan ya.Terimakasih ya Enzim…

    Balas
  6. dha odelia pinot

    Thx vo D info …
    lg sariawan nih ,
    udh sgala macam obat d coba .
    mulai dr Vit.C,albothyl,kenalog dll.
    tp g da yg mempan malh bikin gusi bengkak .
    smoga jah air kelapa ni bs nymbuhin …

    Balas
  7. hari suranto

    salam knl ag hari di jogja,mau mnt tlong ni……..saya sariawan udh 1bulan.jenis sariawan saya sering dan lama sembuh ya.kecil lalu besar.?
    blm sembuh udh datang lagi,capek ni……..ada obat yg bagus dan bisa mengobati sariawan dgn cepat…..tlong bantuan ya.sblmya hari ucapkan terima kasih

    Balas
  8. Rossy

    Wah..infonya boleh dicoba tuh..temen qu ada yg sakit sariawan nga sembuh2, padahal dah min vit C n abotil…
    Ntar coba aq saranin deh..Thks ya u/ infonya

    Balas
  9. Sapto

    Terima kasih ‘ilmu’nya . . .
    Sy juga gampang sariawan, biasanya abis makan ‘yang bersaos’, ‘yang dibakar’, ‘terlalu pedas’, ‘yang panas’ . . .
    NUMPANG ‘iklan’, nich. . .ALTERNATIF lain :
    Bikin AGAR-AGAR seperti biasa…., Makanlah sebelum ‘keras’ betul . . .hindari penyebabnya…

    Balas
  10. Ma'sunah

    gw lg sariawan sdh beberapa hari ni tersiksa banget, sdh aku obatin pake albothil perih banget sembuh sebentar tp sakit lagi…gw mo coba air kelapa muda smg cepat sembuh. terima kasih

    Balas
  11. rid`ho

    than`k ya informasinya betul bgt saya emang plng sering di datengin sariawan,,tp karna saya baca info anda saya mau coba,,,,lam kenal

    Balas
  12. anna

    aku sariawan gede banget,dah ku obatin albhotyl malah parah hasilnya,ni barusan ku coba dan hasilnya alhamdulilah sembuh thanks banget,,,

    Balas
  13. ally shomad,S.Kar

    Matur Nuwun Infonipun,Kulo Sampun Dangu Sakit Sari Siang Boten Mantun2,Kulo Cobi Obat Tradisional Meniko,Pangapunten Toyo Kambile Tumbase teng Pundi…?

    Balas
  14. pieters

    sekali kena sariawan, lamaaaaa sekali sembuhnya. pedihnya saat bangun tidur. bibirnya jadi bengkak. ekspresi saat ngomong & senyum jadi “payah”. saya mau coba kelapa hijau. semoga manjurrr …

    Balas
  15. agung

    makasih bget atas infonya. ak lg kena sariawan ni malah ada 13 lubang sakit baget ya…… selain air kelapa muda apa lagi ya. soale ak pake albotil dah gak memepan

    Balas
  16. hunter

    ma….. kasih infonya,orangnya keren……begitu mulutnya dibuka ……..sariawan udah tdk ada tempatnya lagi…..akan dicoba …..

    Balas
  17. arief skycell

    makasih banget nich bos..sama dari kecil sering sariawan…… skrg aja nich sariawan,tp klo yg kali ini gra2 kjentus tembok jd sariawan!!

    Balas
  18. Alim

    Lidahku hampir brlubang, ini sudh lbih 2 thn sembuh dtng lg, bgtulh setrusnya, apa ini sariawn jg? Apa penyebabnya? Tlong dong ks solosi!!

    Balas
  19. ganaz

    hadoh…. sariawanku kok parah bener nih… pas di bibir depan sebelah kiri, sampai bisa diliat sama orang yang lagi di depan aku…
    ok pakde tak tuku saiki banyu kelopone… ben endang waras

    Balas
  20. dewi

    huuufttt… sariawanku parah banget nihh,, sampe bibir jadi bengkak.. πŸ™
    btw,, akan segera kucoba resepnya.. mudah-mudahan berhasil juga buatku.. πŸ˜€

    Balas
  21. bagus

    sariawan kalau ga sembu2 coba cek asam lambungnya…berbagai obat sariawan ga bisa banyak membantu kalau lambungnya ga diberesin…

    Balas
  22. Jaya Homer

    Sariawan sangat mengganggu, bener nih air kelapa bisa ngobatin sariawan…..?
    moga2 aja bisa.
    sulit sekali kalau makan.

    Balas
  23. aya

    Wah thanks bgt yah infonya,aq trmsuk sering sariawan, skrg q gi sariawan,byk bgt, di lidah,gusi,daging pipi,uh……….sakit bgt.Dah nyoba smua obat, tp air klp hijau belom, aq mo bli ah skrg mga lgsung manjur.

    Balas
  24. lia

    apa benar air klpa bisa obatin sariawa
    soalx aku lg ngalami skrng.
    rsa sktttttt buangettttttttttt nd aku smpai2 ngk bsa mkn???????????.

    Balas
  25. lia

    apa benar air klpa bisa obatin sariawan
    soalx aku lg ngalami skrng.
    rsa sktttttt buangettttttttttt nd aku smpai2 ngk bsa mkn???????????.

    Balas
  26. sri wikasih

    ya….serba nggak enak nich kalo lagi sariawan, perut lapar tapi mulut ngenggan tuk diisi, jadi serba salah nich. Makasih ya infonya…..????

    Balas
  27. F412ID4

    Kebetulan sekali si kecil lg sariawan, tp air kelapa hijau muda boleh g buat anak umur 19 bln ? Trus minumnya seberapa ? Thanx.

    Balas
  28. ramliadi lee

    kemarian sariawan sampe bi2rku monyong dan aku pun gak ikut foto bareng sama keluarga di acara pernikahan kakakku coz malu. baru aj sembuh tp datang lagi. saya juga sering minum air kelapa sebagai obatnya dan lebih bagus lagi kalau minum madu…

    Balas
  29. Enok Arch

    Sariawan sudah menjadi penyakit wajibku setiap 1-2 bulan sekali dari kecil,padahal satu keluarga ga ada yg sering sariawan seperti saya,lama2 aq sudah terbiasa sama rasa perihnya,skrg kalo aq lg sariawan aq biarin aja sampe sembuh sendiri coz kalo setiap sakit sariawan aq menenggak obat bisa K0 liverku.

    Balas
  30. indah

    pasti sembuh ya pake air kelapa?? coz aq udh langganan bgd ney sama sariawan, udah berbagai obat yg dpake tp kurang manjur….:(

    Balas
  31. Erwin

    Kenapa air kelapa tidak di adakan penelitian aja bro.. Tapi saya coba , masalah nya anak q kena sariawan. Thks ya info nya. Smoga selalu sukses. Amin..

    Balas
  32. Shofie

    YupS,bner bgt sariawan tuch nyiksa bgt,ne dri kcil ampe udh gde kya skrng. Pa bsa pnybabnx dri fkt0r kturunan??? Oh y mksh ats inf0nx,insy all0h d cba

    Balas
  33. rahma

    makasih banget. sakit banget nih, gga bisa makan, apalagi sikat gigi, jd gga mau sembuh sembuh, malah makin banyak. ampun dehh

    Balas
  34. BAWA

    kyaknya aku harus buktikan dlu.soalx aku tergolong org yg paling sering sariawan.smg bs terbukti kasiatnya.

    Balas
  35. albar khidir

    aku alergi banget dgn yg namanya sariawan blh dibilang sembuh satu tumbuh seribu, mudah2an tips anda manjur besok q coba minum air kelapa. trims sblmx.

    Balas
  36. ghanif arema

    sariawan..!gampang obatnya dan langsung sembuh,
    ambil satu telunjuk asam jawa terus disiram air biar lembek kemudian tempelkan pada yg sakit dan ditekan dg jari satu menit,ulangi pd saat akan tidur Malam,saya jamin langsung sembuh total…memang awalnya perih sekali tapi hasilnya langsung joos….Tp jang bilang2 nanti dokter & obat ngagak laku…..ha ha salam satu jiwa arema

    Balas
  37. Unie

    uuuuu…mksh byk. Obatnya simple, enak, dan kliatannya cesspleng. Mdh2an cespleng bneran, karena problemku sm kyk ms heryan, sering bgt sariawan. Bntrs sembuh, bntr dtg lg.. Hfffffttttt…. Tengkyu ya, tar aku coba^_^

    Balas
  38. Harhari

    Sudah lama saya ingin solusi masalah Sariawan, seminggu sakit duaminggu sembuh, berulang kali.
    dioles albothyl sehari 2x oles, masih juga nggak sembuh…mudah2an ilmunya maz Heryanto ini bisa bermanfaat (menyembuhkan) bagi kita2 yang sering sakit, dan menjadi amal yang baik.

    Salam,
    Hari

    Balas
  39. HIRAJ

    wah,… ini pengalaman yg cukup unik dan perlu di coba,… sariawan adalah musuh besarku,…. pokonya,… ga bisa apap-apap gua,… thanks infonya yah!!

    Balas
  40. viona

    thanks,,,,atas infonya. kalau obatnya selain air kelapa muda hidau ada g ? saya jga lgi sariawan di lidah bagian belakang…………

    Balas
  41. inung

    Waaah…aq jg langganan berat neh….besok dcoba deh…

    Makasih infonya bro…smoga sampean dpt pahala…amieeen

    Balas
  42. yanti

    beneran bisa nyembuhin sariawan…..??? habis udeh seminggu ga bisa makan enak…ga bisa ngomong bebas…tanks infonya ya…

    Balas
  43. Nana

    Aku pusiiing banget gara2 anakku sariawan di hampir sluruh bagian mulutnya, mulai dr gusi rongga dlm pipi, bibir smp tenggorokan, nangisssss terus ga mau makan sampe kurus banget dia ( pdhl br 2 hr sariawan ) moga2 tips air kelapanya manjur ya,,, thanks bgt tipsnya

    Balas
  44. arti

    makasih infonya,ni my baby juga lagi sariawan.kasian gak mau minum susu, nangis terus. kalo da artikel lain di bagi juga gpp.
    lam kenal..

    Balas
  45. reysan

    om..bner yah air klapa bsa smbuhin sariawan soalnya sariawan aku smpe penuh di mulut tnggorokan ku jg skit,susah buat mkan dah cba pke obat herbal lain nya tp blum smbuh jg!!! mksih ya om infonya…

    Balas
  46. misna

    duch..jadi pengen coba juga, memang sariawan udah jadi musuh bebuyutan q dari dulu…dunia rasanya enggak indah lagi, kaloe lagi sariawan….

    Balas
  47. hartono

    terima kasih atas info yang anda berikan kepada saya muda-mudahan atas info anda banyak manfaat untuk keluarga saya dan untuk orang banyak dan muda-mudahan semua ini dicatat sebagai amal ibadah oleh Allah SWT. amin

    Balas
  48. Yudha Sugandi

    pak H. Toni yang budiman,
    Alhamdulillah, baru pertama kali ini denger soal air kelapa muda. Saya (50an) juga sejak kecil berlangganan sariawan termasuk bila sedang tinggal di tempat dingin (di Jerman saya 4 tahun). Anehnya waktu tinggal di AS selama 2 tahun saya hanya kena 1 or 2 x. Dokternya juga bingung kenapa. Tapi disana saya minum Centrum secara regular. Sekarang ngga lagi minum Centrum karena lambungnya ga tahan, selalu perih. Di Jakarta paling sering kena mungkin krn polusi ato aktivitas (fisik & otak) berat. Saya akan coba tuh air kelapa, mugi mugi, ditambah doa, jadi manjooor. Amin. Yudha Sugandi

    Balas
  49. Yudha Sugandi

    Sedikit tambahan pak Toni,

    Kalo sekedar untuk pain relieving, yang paling bagus pake salep merk ORAJEL atau tablet hisap merk CEPACOL. Ditanggung bisa makan enak, meski ada 10 lokasi sariawan.

    Wassallam,
    Yudha Sugandi

    Balas
  50. Tity

    Maturnwun ats infony,.y ni q lg sariawan udh 4 hr g sembuh2,,jd mles mkn n ngmong.nympe bos q ngecengin trus,,perlu bgt d coba air klpa ijo,.mudh2an bsa cpet smbuh..amien.. Sekali lg thanks ya

    Balas
  51. Rizqi

    thank atas infonya alhamdulillah setelah q coba hasilnya sembuh setelah dua hari
    tapi sedikit tambahan katanya si yang lebih manjur pake air kelapa hijau di bakar lebih mantap.

    Balas
  52. Sal-sal

    Iya NecH… Q juga GE sariawan.. Tapi Q baru denger Lho Air kelapa Bs Buat NyemBuhin Sariawan..??@!@
    Q coba DecHh..??

    Balas
  53. japung

    tq om atas info’a. Saya lg sariawan nich udh hampir 1mg sampe2 gigi kebawa sakit. Saya udh minum larutan abis 5 klg, adem sari 1pak lebih, tp blm sembuh jg nich, isyaAlloh besok sy coba minum air kelapa moga2 cepet sembuh. Dan info ini sy sebarkan temen2 tuk jaga2 klo nanti kena sariawan udh th obatnya!

    Balas
  54. Aya

    Hmmm aq juga langganan sariawan euy baik kegigit digigit ^,^ ato panas dalam, yang dianjurkan diatas bagus”..tp Albothyl mala bikin membengkak obat salep adajuga gel dingin (enak manis) tapi yang mudah didapat c Enkasari karena langsung ke perut +/- Rp 12…… bisa juga rebus daun sirih mnm airna….met cobain

    Balas
  55. yadhi

    waaa! klapa yaaa? daku mau cobaaaaa… ampun dah ini.. mulai dari kenalog.. abotil.. aloclair.. nda ada yang manjur huhuhuhu… daku coba yya πŸ™‚ hatur nuhun ingpona.. ^^

    Balas
  56. Dodoy

    sariawan biasanya disebabkan karena panas dalam. panasnya suhu tubuh menyebabkan luka pada rongga mulut karena puncak panas berada didalam mulut. selain dengan meminum air kelapa dianjurkan pula mandi pagi dengan air dingin… saran: jgn malas mandi karena suhu tubuh akan meningkat apabila jarang didinginkan dengan air.

    Balas
  57. nurbaina harianja

    q sering kena sariawan, tu pa sebabnya ya sekali sebulan pasti kena. makasi atas infonya ya, skarang ne g lagi sariawan, q akan coba obat2 y di atas.

    Balas
  58. uUyaaYuU

    setiap blan,,aq pasti sja kena sariawan,,klo gak 2 kali,,sekali,,bahkan skali sariawan,,ada 4-5 yg tmbuh,,jdi susah makan,,pdhal perut keroncongan,,mdh2an minum air klapa hijau,,,sariawan ku cpet ilang and gag nongol2 lge,,,thanks yaw….

    Balas
  59. Iyan

    ketika daku terkena sariawan, aku coba mengobatinya dengan minyak goreng yang setelah di panaskan, sebelum tidur_ beberapa hari gak terbantu dalam mengurangi rasa sakit_ slamat mencoba_

    Balas
  60. sthiw@

    sy dr kcil hingga dwasa langganan sariawan, sy sdh cb bebgai obat dr obt trdsionl sampai modrn hslnya nihil. parahnya kalau lg sariawan bs smpai 6 buah apa lg kalau knanya d ldh duh sakitnya smpai gk bs ngmng apa lg makan. sy sepnjng thn sriwan melulu, smbhny (bnr2 bbs sariawan) pling 3 hr kmdian nymbng lg sariawan hnya pndh tmpt sj. terkdng bru sj yg satu mau smbh yg bru sdh mncl. tp sykr alhmdlilah sjk 2 bln ini sy tdk lg kna pnykit yg mnjngkelkan ini rhasianya ykni dgn obt kmur. 2 bln yg llu sy obti dgn garglin, dan utk pncghan stiap usai sarpn pg sy kmr dg listerine. dan jika ada gjlanya sy kmr dg septadine. slmt mncba smg anda jg bbs dr sariawan.

    Balas
  61. dira

    yang nmanya siarawan,,,sumpah,,ampun dah gue,,,lbih baik sakid hati dripada sariawan..!!
    Thanks ats smua sarannya,,smoga sariawan ini cpat smbuh,,! πŸ™‚

    Balas
  62. nunung

    mksh ya ats tipsx? mg bermf buat semua org yang kena sariawan?
    dan jangan suka ma penyakit sariawan minta ampun dan bikin mampus buat semua org yang kena itu.

    Balas
  63. suhaedi edi

    aduh sdh 5 hr nih sariawan di lidah dan bibir cuma 3 biji sih dan faringitis, sdh ke dr THT, blm juga sembuh, antibiotik antinyeri, vit c, obat kumur, and ngobatin sendiri dg dijejelin albotyl, pisang ambon, pepaya, air putih. smg dg air kelapa akan saya coba. tks ya infonya

    Balas
  64. Ermi

    waduhh aq skarang lgi nggak bsa mkn gara2 sariawan sakitnya minta ampun deph perih banget ,,,,,,
    semoga minum air kelapa bisa memberikan saya kesembuhan dari sariawan ,,,,,,,,,,,,

    Balas
  65. allegra adhyana

    kalo sariawan udah langganan gw…tiap bulan sekali sariwan selalu diatas 5..perihnya ampun2…kumur2 dengan obat kumur memang tepat, tp kurang bs menyembuhkan cuz itu hanya melemaskan saja..pake albothyl aja tapi sikat gi2 dulu sebelum pake biar ga terlalu perih..trus kunyah permen karet mint juga lumayan meringankan cuz mulut ga boleh diem biar ada aktivitas gerak dan agak lemes…pake air kelapa juga manjur,..dikumur2 dulu…selamat mencoba!!

    Balas
  66. dinie

    ampun dech….sariawan rasanya sakit banget….udah tk coba segala obat bukannya sembuh eh malah makin lebah sampe gk isa ketawa……..ternyata yang paling manjur hanyalah satu…..yaitu makan bakso super pedas gak begitu pedas jg gpp yg penting bakso……alhasil 10 menit kemudian dijamin bisa ketawa lebar…….

    Balas
  67. umar

    udah hampir 3 hari sariawan…bawaan nya mao marah2 je…..padahal makanan enak dikantor udah di depan mata….
    hiks…hiks…
    jadi ga bisa nikmatin tuh makanan…tpi ya udahlah…

    makasih wat info nya,..
    mdah2n bisa manjur wat w

    Balas
  68. pujawan

    aduh sariawan sangat menyakitkan..ak sering banget kena sariawan…biasanya ak aboltil ja…tp perihnya bukan maen..nnti ak coba deh tips nya..thankz

    Balas
  69. hiriadi

    tq ! gak nyadar jg kalo kelapa muda bisa jagi obt sariawan.
    ku jg mau shering ni ada obt jg murah meriah dan Mujarap (sebab semua jenis obt di apotik sudah tak pakai) namanya : Obat sakit tenggorokan Cheng Sie Lung Hau Fung San sejauh ini manjur dan setiap kali ada gejalanya langsung tak cegah pakai : Cheng Sie Lung Hau Fung San (diapotik banyak kok)

    Balas
  70. D gazza

    uh…ma2h d2 gbs ngpai2n pngeny nangis aj,jngnkn maem buka mlut+ngmong aj skit…iya deh tr d cb tips minum air klpa ijonya mg cpet sembuh biar d2 bs ktwa lgi he πŸ˜‰

    Balas
  71. wee wee

    Ahaha..baca komennya bikin ketawa.. memang menyiksa sariawan itu..Apalagi yg langganan! halah,kaya warteg aja langganan..
    Ntar lg klo sariawan mo coba dah..(smg aja ga lagi,tapi tak apa lah sekali2 menyucikan mulut gw yg banyak dosa,ehehe..)

    Balas
  72. rozikin

    kata bapak tebe obat sariawan yang paling manjur adalah….. eng ing eng……………………… makan bakso /mie ayam +++ cabe rawit yang banyak,,,,,

    Balas
  73. rozikin

    kata bapak tebe obat sariawan yang paling manjur adalah….. eng ing eng……………………… makan bakso /mie ayam +++ cabe rawit yang banyak,,,,, kalu sudah begitu dianjurkan untuk lariiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii,,,,,,,

    Balas
  74. bani adam

    kata nenek ku obat sariawan daun cabenya di belendeur di bikin kaya asir di minum ingsa allah penyakit sariawannya cepat sembuh,pantangan jangan suka di gigit bibir apa lagi sama pacar wkwkwkwk

    Balas
  75. sitie.gitut.bahar

    thanks saran aa..
    Tapii..sariawan q kalo datang d bibir bawah
    Jadi susah buka mulut,
    N smwa mknn tersa hambarr… πŸ™

    Balas
  76. myah

    sariawan membuat aq susah makan…..udah minum air kelapa hijauh tp tdk sembuh jg…….
    yg perlu di minum obat ap lagi yach…??

    Balas
  77. eko troule

    sariawan tidak lagi kembali, minum yakul 2x1mngg & bikin es buah tomat,nanas,pier,pepaya,semangka&tape dicampur susu,berksiat juga untuk tambah stamina pria

    Balas
  78. renal azzah

    air lapa ??????? masa sihhh ,,,,,,,,,, manjurga niiii
    saya coba ga sebuh gmna ,,,,,,????
    tp saya coba dahhhh ,,,
    thexs ea ,,

    Balas
  79. mahudi yody

    wah perlu di coba tuh,pa lg cuaca panas gni kyakny lebih nikmat lagi kl minum air kelapa.
    thamkyu ya atas infony yg brmanfaat.sip
    πŸ˜€

    Balas
  80. Ibnu nurdin

    Adem sari, albothyl, vit C sdh serg dicoba. Air kelapa mgkn boleh jg. Sekedar masukan ‘boleh coba’:
    1. Banyk Konsumsi buah jeruk manis
    2. Perahin jeruk nipis dit4 sariawan skalian oleskan.
    Selamat mencoba, smoga cept sembuh.

    Balas
  81. jaime da cruz

    saya sering mengalami penyakit sariawan ini sudah 38 bulan atau 3 tahun lebih,mohon pentujuk dan saran saya sendiri takut ada penyakit dalam mohon penjelasan.

    Balas
  82. WIHAR

    pengalaman saya kalo nyeri kumur air putih .nanti nyeri hilang .makan nasi sama telur rebus saja .tidak nyeri pada waktu makan dan cepat sembuh. semoga bermanfaat

    Balas
  83. ABENG

    kalo memang benar air kelapa hijau manjur untuk sariawan, aku do’a kan kamu sekeluarga masuk surga amiiiiiiin???????? krn istriku sudah satu minggu sariawan & tidak bisa makan & minum serta bicara,

    Balas
  84. mariska borneo

    wah, saya juga lagi sariawan, lagi hamil juga, jadi agak menjaga dengan semua obat yang berbahan kimia. terakhir coba diobati dengan albothyl aja. saya coba deh dengan air kelapa.
    thanks ya.

    Balas
  85. kevin

    waw….
    kata tuhan obat segala obat adl doa….
    tapi lebih manjur lagi d tambah cabe rawit kampung campur merica langsung d oles di tempat sariawan…Manttttabbbbbpppfff!!!!

    Balas
  86. Mia zamilah

    Saya sangat tersiksa dng sariawan nie, udah hampir 2mg ga jg sembuh,banyak pula. Sembuh satu tumbuh banyak. Ak takut…

    Balas
  87. Mia zamilah

    Ak sangat tersiksa dng sariawan nie, udah hampir 2mg ga jg sembuh,banyak pula. Sembuh satu tumbuh banyak. Ak takut…

    Balas
  88. IFA

    oh,air kelapa ya?pi sembuh’a berapa lama?nyiksa bgt ne sariawan di bibir atas,klo sikat gi2 suka kena n sakit bgt πŸ™

    Balas
  89. pUtra

    gkgkgkgk, boleh jga ne, soalnya cewek gue lagi sariawan, kasian gue lihat nya, kali aja bisa sembuh dgn minum air kelapa .thanks gan

    Balas
  90. suwito purwodadi

    saya sariawan terus-menerus bahkan tak pernah tdk sariawan, akan aku coba dengan air kelapa, smoga sembuh dan tak sariawan lg… makasih ya teman2 atas infonya

    Balas
  91. Wahyu

    Mncegah sariawan.? mudah bngt. Cba aj plend2 smua klo lg gsok gg jngan cm ggiy yg d gsok, tp prmukaan lidah yg atas dan dpan jg d gsok. Tp plan2 aj n jngan pd saat lg sriawan, Di tnggung dch sariawan ga brni mncul. Slmat mncoba.

    Balas
  92. mariana blablabla

    aku coba deh . . Haduh . . Masak tiap bulan bahkan tiap minggu sariawan nempel muluk di bibir T.T uda di albotil sampe ni mata keluar air gr2 perih tp tetep aj gag sembuh2

    Balas
  93. widi

    ternyata bukan cuma ane yang saat ini lagi sariawan…ada 3 nih nempel digusi sama di bibir…
    gak enak banget…enek malah :((

    “ane coba saran agan…pake air kelapa…”
    nice info gan πŸ˜‰

    Balas
  94. jack

    ya nanti gua cobain aduh dah lma nie sampai menjalar ke lidah tak tau kegigit paz tdur taktau bakteri emank komodo apa.. Wkwkwk

    Balas
  95. Noni

    Klo saya, tiap kali mau datang bulan, pasti deh sariawan juga dateng. apa rekan2 wanita juga ada yg mengalami sama seperti saya. ??
    Selain kelapaa muda, apa lagi obat nya ?
    trims

    Balas
  96. agusagus

    kucuba dech… Smg cpt cembuh… Diriku cudah 6 hari cariawan ndak cembuh2 bikin palaku cekot2 kauayak monyet….

    Balas
  97. Cak Anam

    Trimakasih tipsnya semoga bermanfaat n sariawanku cepat berlalu, Bismillaahirrokhmaanirrokhiim “TOMBO TEKO LORO MINGGAT”

    Balas
  98. yashacage

    bismillahirrohmanirrohim….mdh2an manjur,.kasian orang yg q sayang sering kena sariawan jd nda bsa mkan,.mksh ya..

    Balas
  99. awenx lampunx

    whow…..ap emng bner klw aer klapa bsa ngobatin sariawan ea ??? Oke saya buktikan skarng…n tnggu jawabn dr saya stelah minum aer klapa….

    Balas
  100. lely

    sariawan bkin aktivitas quwh terhambat. aku dah 2 minggu sariawan segala macam obadt dah akuwh coba tpiey gak menunjukkan hasil apapun..malahan yang adta malah bengkak..yya mudah” air kelapa ini obadt terakhir yang dapet nyembuhin sariawan quwh iniey.

    Balas
  101. mustofa

    ntar coba ah …coz luar biasa gue pumya sariawan sampai 5 lobang dalam waktu yang froontal….mungkin krn banyak dosa hee…. thanks

    Balas
  102. Darma

    ribet bngt sariawan di lidah,bibir n gusi….kalo pake air kelapa sich belum pernah ngobatinnya…mudah2n pake air kelapa ni sariawan bisa sembuh…amin…tq ya gan infona…..

    Balas
  103. ilmiyah ismi

    saking seringnya sariawan temen2ku mpk hafal betul, selera makan ilang, kucoba berbagai obat tetep lama sembuhnya, aku coba dech…smg berhasil

    Balas
  104. Budi

    Kalo kelapa gading koq gak mempan yaa…..udah 5 hari gak sembuh pake meriang panas dingin seluruh tubuh nich, aku coba kelapa hijaunya yaaa….Tq

    Balas
  105. rian

    aduh memang tersiksa kalau lagi sariawan nggak nyaman banget mudah-mudahan dengan air kelapa
    bisa mengatasi sariawan yang aku derita sejak kecil
    kacian ya………..tq

    Balas
  106. depry

    duh sakit bgd gag betah w lama” ni sariawan
    moga aja w sembuh dah bsok w coba minum tuh kelapa muda.

    Balas
  107. Rika Yuce

    Thanks Buat Info nya….
    Mo sy Coba, kebetulan sy adlah org yg tiap bln sariawan, terutama menjelang Haid tiap bln nya.
    Mudah2 Mujarab…..

    Balas
  108. merlin

    bener gak sembuh nanti…!!bis da seminggu lebih nich…sariawan w..
    tp sariawanna di gusi;…..sakitba minta ampun mpe nellen ga bisa..tolong bls cepet…

    Balas
  109. Iren

    Thanks ats inf0nx. . .q jg org yg rentan sriawan palgi shbis mkn yg pnas2 lgsung dech bs0knx tmbuh sariawan. . .ntr q c0ba dech air klpa ijonya.

    Balas
  110. riana agus

    memenglah sariawan ini gk pernah musnah dari bumi ini.mudah-mudahan dengan minum air kelapa, sariawan ini bisa sembuh.

    Balas
  111. monir_jogja

    Huhuhuuuuu..qu sariawan bisa dubilang seminggu sekali..dah gtu sembuhnya lama tp aq juga menemukan obat bubuk china yg ada gambarnya semangka botolnya kecil ada di toko obat china..Alhamdulillah cpt sembuh..tp qu jg mau coba minum air kelapa..tq infonya.

    Balas
  112. Merry

    sariawanku udah hampir 4 bulanan…ada solusi? sekarang saat da hampir sembuh, muncul yg baru, dah 3 lubang…
    parah, kan?
    ada yg bisa bantu?

    Balas
  113. anhy tosiba

    thanks infonya,,sekarang sy mau minum air kelapa,,sariawan saya sunggu menyiksa,,,bibir jadi dower,,jadinya ga pede…

    Balas
  114. rosy

    klu sariawan kan bysanya sakit perih tp yg trjdi pd bayiku adl sprti sariawan putih merah tp tdk sakit bhkan c dd mnangispun tdk. itu sariawan bukn yaaaa

    Balas
  115. zia

    terimkasih ya atas infonya. sesudah ini saya akan mencobanya. karna saat ini saya sedang terkena sariawan. tersiksaaa bangeettt.

    Balas
  116. COWO RASA JELY

    kalo Menurut saya pake GAREM YG BERYODIUM…
    saya uda ber tahun” pake garem langsung ilang dalem waktu 1 menit…
    CARA PAKAI :
    GAREM Di taburkan saja ke sariawan nya tahan sampe keluar lendir” kuman sariawan abis itu buang semua ludah nya lalu kumur” biar gk asin…

    DI JAMIN SEMBUH…

    kalo gk SEMBUH Mungkin Garem anda Tidak beryodium atau palsu…

    Balas
  117. Yayan Lihawa

    Insya ALLAH d coba. Kata org tua sya, dri umur 5 hari sya udah dpat sariawan. Ekh kbwa smpe gde. Skrng umur sya dah 23 taun. Betapa mendritax sya dgn sariawan ini..

    Balas
  118. Destiari Shovianda

    Ok deh ikut nyobainn aaahhh….aku sariawan parah bgt ciinnnn..1 blm smbuh eehh yg lain ikut eksis..bahkan smp 4 butir sariawan heheww..sakit sangaaaddddd…

    Balas
  119. anto

    salam…
    sakit sariawann???
    tips dr saya..
    coba banyak minum air putih..
    trus banyak baca qur’an yh..
    abis itu banyak doa minta disembuhkan dari sariawan
    insyaAllah, segera sembuh…
    mets mencoba tips dari saya..
    salam..
    anto

    Balas
  120. Hety

    Mkch ats infony..
    Q sering bgt trkena sariawan.Sgla mcem obt sdah dcoba.. Plgi klo sariawan dlidah,sungguh obt mujarab nurunin BB.Kdang mpe g bsa bcra,pdhl q seorg guru ,jd sngt mengganggu aktiftas shr2..

    Balas
  121. elysabeth

    aku jg sring bgt sariawan,,,,
    sensitif bgt klo udh sariawan,, sembuh’a lama bgt lg…
    aph lg klo lg nyeri, bsa bkin gigi jdi sakit jga..

    eemmhh,,, mksh yaa atas tips’a ,, nti psti aku coba deh..
    semoga manjur tips’a..
    amin

    Balas
  122. Ghion

    Ampun dah sama sariawan sering bgt dtng,,sebentar sembuh gk lama nongol lg..
    TQ info nya,,air kelapa aja atau es kelapa???

    Balas
  123. pesakitan saribakwan

    Jika anda sariawan cobalah makan pempek sebanyak2nya dan hiruplah cuka-nya.. dijamin sembuh.. saya sudah mencoba nya πŸ™‚

    terbukti hingga dompet saya terkuras habis.. tpi saya bahagia karena sariawan saya sudah sembuh total.

    Balas
  124. ZainalMZ

    TKS,ATAS KESEDIAANNYA MEMBAGI PENGALAMAN YG POSITIF,INSYAALLAH AKAN SAYA COBA,SEMOGA ALLAH SWT MENYEMBUHKAN SARIAWAN YANG ADA SAAT INI PADA SAYA & SAUDARA-SAUDARA LAINNYA,AMIN.

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *