Transfer Domain Menjelang Kadaluarsa (Expired)

oleh Heryan Tony dalam Domain pada 29-03-2015 jam 1:37 pm

Tags: , , , ,

Transfer DomainTransfer Domain atau perpindahan registrar domain sebelumnya ke registrar domain baru. Transfer domain ini sering dilakukan oleh pemilik domain tersebut dengan berbagai alasan di antaranya ingin mendapatkan harga domain yang lebih murah, ingin mencoba tempat yang baru, ingin mencari registrar domain yang lebih dipercaya, atau ingin mendapatkan fitur yang tidak dimiliki oleh registrar sebelumnya.

Lamanya proses transfer domain standar yaitu 5-6 hari, namun proses transfer pun dapat dipercepat menjadi 1-3 hari saja. Namun, hal ini tergantung dari registrar domain lama/sebelumnya. Jika mereka mengizinkan untuk mempercepat (expedite/speed up), maka prosesnya menjadi lebih singkat. Berdasarkan proses transfer yang sering dilakukan, untuk registrar GoDaddy.com dan Name.com proses transfer out dari sistemnya bisa sangat cepat, sedangkan untuk Namecheap.com sekarang ini mereka tidak mengizinkan percepatan, namun sistem mereka akan memproses sesuai lamanya transfer pada umumnya yaitu sekitar 5 hari.

Untuk mempercepat proses transfer, pemilik domain dapat menghubungi registrar domain sebelumnya untuk melakukan pelepasan domain tersebut, namun jika registrar tersebut tidak mengizinkan percepatan, kita hanya bisa menunggu proses berjalan dengan waktu normal (5-6 hari).

Kembali ke topik kita, yaitu transfer domain menjelang masa kadaluarsa (expiration time). Untuk registrar dalam negeri mereka tidak akan memproses transfer domain menjelang expiry (kurang dari 7 hari, bahkan kurang dari 1 bulan). Namun untuk registrar asli dari luar negeri, proses transfer pun dapat dilakukan kapan saja, walaupun domain menjelang kadaluarsa tinggal 3 hari saja (berdasarkan pengalaman).

Pengalaman penulis sendiri dalam melakukan transfer domain menjelang kadaluarsa sudah sering dilakukan, yaitu di saat masa kadaluarsa domain kurang dari 7 hari (6-1 hari). Proses transfer domain pun dapat berjalan lancar, dan bahkan sebelum masa kadaluarsa tiba, yaitu jika mereka dapat mempercepat prosesnya. Sedangkan untuk registrar yang tidak dapat mempercepat prosesnya, maka proses transfer domain akan berjalan sesuai masa normal transfer (5 hari). Ketika domain sudah kadaluarsa di registrar lama, maka domain tersebut akan dihapus otomatis oleh sistem mereka dari akun kita di registrar sebelumnya, namun domain akan tetap aktif dan tidak mengalami down. Setelah proses transfer selesai, domain otomatis masuk ke registrar baru dan terus aktif dengan masa perpanjangan 1 tahun ke depan.

Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika sedang proses transfer domain, yaitu:

  1. Domain yang akan ditransfer whois tidak terproteksi, sehingga email kita dapat menerima konfirmasi transfer domain tersebut. Jika diproteksi, maka akan terkirim ke email proteksi tersebut bukan ke email kita.
  2. Buka lock domain tersebut (unlock), agar dapat dipindahkan ke registrar baru/lain.
  3. Mengetahui EPP Code/Authorization Key dari domain tersebut untuk diinput ketika akan transfer domain. Masukkan EPP code tersebut segera mungkin. Namun ada juga registrar yang mengharuskan input EEP Code terlebih dahulu sebelum proses transfer. Jadi siapkan dulu EPP codenya sebelum transfer dilakukan.
  4. Lakukan konfirmasi pada email yang dikirim oleh registrar baru secepat mungkin.
  5. Lakukan konfirmasi untuk menyetujui transfer (approve) pada email yang dikirimkan oleh registrar lama secepat mungkin.
  6. Jangan lakukan perpanjangan domain (renew), jika tahapan transfer sudah berjalan, perpanjangan tidak dapat dilakukan (pengalaman, perlu refund kembali).
  7. Jangan aktifkan domain yang sudah kadaluarsa di akun lama/sebelumnya walaupun domain sudah kadaluarsa, karena akan gagal (pengalaman, perlu refund kembali). Namun tetap tunggu proses transfer selesai dan masuk ke registrar domain baru. Tenang saja, biasanya domain akan tetap aktif walaupun sudah kadaluarsa dan hilang dari akun registrar sebelumnya. Dan akan terus aktif dan masuk ke akun registrar baru dan masa kadaluarsa sudah ditambahkan 1 tahun ke depan.

Demikian informasi transfer domain menjelang kadaluarsa.

Dapatkan Update Terbaru via Email DAFTAR SEKARANG!



Comments:

Baru bw lagi nih, bbrp domain dah ditaro di namecheaps cuma gak keurus jadi terlantar, gubuk butut yang biasa diisi juga heu…

wah… ternyata masih masih eksis, dah lama tak bersua.

Saya belum pernah melakukan hal itu , tapi jadi pelajaran dan ilmu baru buat saya, terima kasih gan

terimah kasih infonya…..

Mohon Tinggalkan Komentar, Terima Kasih