Tanda dan Gejala Tie Rod End Rusak/Oblak

oleh Heryan Tony dalam Otomotif pada 29-10-2019 jam 11:51 am

Tags: , , , ,

Tie Rod End adalah komponen yang menghubungkan bagian stir ke roda mobil. Tie rod ini terdiri dari dua, yaitu pada bagian roda kiri dan kanan. Tierod terhubung ke bagian stir melalui long tie rod atau rack end, jadi tie rod end adalah bagian ujung dari rack end atau long tie rod yang terhubung ke bagian kaki mobil. Jika komponen ini mengalami kerusakan maka akan menimbulkan berbagai tanda dan gejala pada kaki dan stir mobil. Kerusakan pada tie rod adalah terjadinya oblak atau longgarnya tie rod, sehingga tie rod dapat dengan mudah digerakkan serta menimbulkan suara jika diputar-putar. Terjadinya kerusakan tie rod ini disebabkan oleh robeknya karet, keringnya pelumas, atau memang waktunya sudah diganti akibat sering melibas jalanan yang tidak rata atau jalanan kasar dan berlubang.

Tanda dan Gejala Tie Rod End rusak:

  • Jika kerusakan tie rod sudah sangat parah, maka ketika stir dibelokkan mentok sambil berjalan maju atau mundur pelan dan roda bergetar, maka akan timbul suara kletak-kletak pada bagian tie rod yang rusak. Suara ini akan terus terdengar di bagian tie rod yang rusak baik belok patah ke kiri atau pun ke kanan.
  • Stir akan terasa bergetar dan stir pun akan mudah bergeser dengan sendirinya jika dilepas.
  • Ketika melewati jalan tidak rata akan terdengar suara dari kaki mobil tepatnya dari arah tie rod yang rusak.

Demikian tanda dan gejala kerusakan tie rod end atau sudah oblak atau longgar. Semoga dengan adanya tanda tierod harus diganti ini dapat membantu bagi yang membutuhkan informasi seputar tie rod oblak dan longgar.

Dapatkan Update Terbaru via Email DAFTAR SEKARANG!



Mohon Tinggalkan Komentar, Terima Kasih