SMS Broadcast Dapat Meningkatkan Awareness Perusahaan

oleh Heryan Tony dalam Komputer, Handphone & Internet pada 31-05-2009 jam 5:29 am

Tags: , , , , , ,

Pernahkah Anda menerima pesan berupa Short Message Service (SMS) di handphone Anda entah itu dari Bank kartu kredit Anda, operator SIM card handphone Anda, atau dari perusahaan-perusahaan lainnya? Jika kita amati pasti terdapat perbedaan, di mana kita hanya melihat nama pengirimnya dan bukanlah nomor handphone yang panjang. Melainkan yang muncul adalah sender ID si pengirim, misalnya dari Bank BNI, Telkomsel, atau bahkan beberapa waktu lalu pernah mendapat dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) dalam rangka sosialisasi pemilu legislatif.

Itulah kurang lebih gambaran mengenai aplikasi SMS broadcast. Secara umum, aplikasi ini merupakan aplikasi yang memungkinkan pengiriman SMS secara masal (broadcast) kepada target recipient tertentu, yang dapat memunculkan nama atau sender ID si pengirim.

Mengetahui hal demikian, banyak perusahaan yang memanfaatkan aplikasi ini untuk aktifitas SMS marketing mereka. Misalnya adalah dengan mengirimkan promo produk terbaru, ucapan selamat ulang tahun, latest news, reminder dan lain-lain kepada member atau pelanggan mereka. Salah satu keuntungan yang didapat tentu saja dapat meningkatkan brand-awareness perusahaan tersebut, karena sekali lagi bahwa aplikasi ini dapat memunculkan nama perusahan tersebut.

Berbeda dengan aplikasi SMS gateway, aplikasi SMS broadcast tidak menggunakan modem GSM dalam pengirimannya. Media yang digunakan adalah internet. Biasanya, Anda diharuskan untuk login di sebuah website yang disediakan oleh vendor SMS broadcast, dan dari website tersebutlah Anda akan mengirimkan SMS yang Anda kehendaki kepada database Anda.

Perlu ditekankan di sini, SMS broadcast BUKAN aplikasi SMS dengan empat digit angka. Masih banyak orang awam yang sering rancu dan keliru dengan menganggap aplikasi SMS broadcast sebagai layanan SMS dengan empat digit angka. Layanan SMS empat digit angka ini biasanya disebut dengan SMS content, bukan SMS broadcast.

Tarif yang dikenakan untuk aplikasi SMS broadcast juga bukan tarif premium, meskipun tetap lebih mahal dari tarif normal. Sifatnya pun merupakan SMS satu arah, yang artinya si penerima SMS tidak dapat melakukan reply atas SMS yang diterimanya. Jika Anda tertarik dan ingin menggunakan SMS broadcast, Anda dapat mengunjungi situs yang menyediakan layanan ini, salah satunya yaitu: DataBip.com.

Nama lain dari aplikasi SMS broadcast ini sering juga disebut dengan SMS blast, SMS bulk, SMS masking, atau SMS sender ID.

Sumber: databip.com

Dapatkan Update Terbaru via Email DAFTAR SEKARANG!



Comments:

Yayaya
:)

dulu pernah kerja di perusahaan model gini bertahan 6 bulam doank.
margin nya tipis bos

Eka Situmorang – Sir’s last blog post..di Ujung Tempat Tidur

untuk sms broadcast yang gratis, mereka mendapat keuntungan dari mana yah?

Mohon Tinggalkan Komentar, Terima Kasih