Sharing Internet Windows 7 dengan Virtual WiFi

Sharing internet di Windows 7 mengggunakan virtual WiFi dapat dilakukan dengan mudah, karena Windows 7 hadir berbagai fitur yang tidak dimiliki oleh versi sebelumnya. Dengan adanya fasilitas Virtual WiFi kita dapat membagi koneksi internet kita dengan perangkat lain seperti desktop, laptop, ponsel, dan iPod, dll. Jadi, nantinya perangkat lain dapat mengakses jaringan kita seperti di hostspot atau dalam artian kita dapat memiliki hotspot pribadi.

Cara untuk membuat Virtual WiFi dapat kita lakukan dari Command Prompt, dan melakukan berbagai pengaturan koneksi internet dari control panel. Berikut langkah-langkah yang dapat kita lakukan untuk membagi akses internet kita menggunakan WLAN (Wireless LAN). Untuk membagi akses internet ini kita tidak perlu menggunakan software tambahan, cukup melakukan pengaturan pada Windows 7 kita.

  • Pertama silakan buka Command Prompt dari tombol Start, kemudian ketikkan cmd, selanjutnya akan muncul cmd.exe, lakukan klik kanan pada cmd.exe dan pilih Run as administrator.
  • Selanjutnya jendela Command Prompt telah terbuka, silakan ketik perintah seperti ini: netsh wlan set hostednetwork mode=allow ssid=NetKu key=PasswordKu, selanjutnya akhiri dengan menekan tombol Enter. Untuk NetKu dapat diganti dengan nama jaringan apa saja terserah Anda, dan PasswordKu juga dapat diganti sesuka kita, yang diperlukan untuk mengakses hotspot kita oleh perangkat lain.
  • Sekarang kita telah berhasil membuat virtual wi-fi, selanjutnya agar bisa berguna kita perlu mengaktifkannya terlebih dahulu. Untuk mengaktifkannya ketikkan perintah berikut pada Command Prompt seperti di atas: netsh wlan start hostednetwork. Sedangkan jika kita ingin menonaktifkannya ketikkan perintah seperti ini: netsh wlan stop hostednetwork atau netsh wlan stop hosted network.
  • Selanjutnya kita perlu melakukan pengaturan agar koneksi tadi dapat dibagi dengan perangkat wireless lainnya. Untuk itu silakan buka Control Panel, dan lakukan pengaturan sharing jaringan dari menu Network and Internet, dilanjutkan dengan memilih Network and Sharing Center, berikutnya pada bagian sebelah kiri silakan pilih Change adapter settings, silakan pilih koneksi WiFi yang telah dibuat tadi. Pada jaringan yang dipilih lakukan klik kanan dan pilih Properties, berikutnya pada jendela Properties silakan pilih tab Sharing. Dan beri tanda centang pada Allow other network users to connect through this computer’s Internet connection dan akhiri dengan menekan tombol OK.

Cara menghapus atau uninstall Microsoft Virtual Wifi Miniport Adapter adalah sebagai berikut:

  • Masuk ke Command Prompt seperti di atas.
  • Hentikan terlebih dahulu wifi tersebut dengan cara ketik netsh wlan stop hostednetwork selanjutnya tekan Enter, kemudian hapus atau uninstall dengan cara ketik netsh wlan set hostednetwork mode=disallow kemudian tekan Enter.

Demikianlah proses pembuatan sharing internet menggunakan Windows 7 dengan virtual Wi-Fi, semoga bermanfaat.

Tags: , , , , , , ,

Komentar Terakhir:

kalau pas aktifin virtual wifi terus blue screen dan restart kenapa ya gan?

nice share ghan, udah working. masalhanya pas laptop restart musti ketik netsh wlan start hosted network lagi d CMD as an administrator, gmana tuh solusinya biar setelah restart ngk buka CMD lg

@Ibnu
penyebab BSoD bermacam-macam, mungkin masalah pada hardwarenya…

@Hammer
agar bisa jalan otomatis, kita mesti membuat file .bat, contohnya wifi.bat. cara membuatnya dari notepad, dan tulis perintahnya seperti ini: netsh wlan start hostednetwork

selanjutnya simpan file tersebut dengan Save as type: All Files, dan beri nama sesuai keinginan dan dibuat ekstensi .bat, contonya: wifi.bat

setelah itu, letakkan dalam folder Startup yang terdapat pada: C:\Users\NamaUser\AppData\Roaming\Microsoft\Windows\Start Menu\Programs

selanjutnya, ketika Windows Start, maka perintah tersebut otomatis akan dipanggil. atau letakkan saja file wifi.bat tadi di desktop, sehingga jika diperlukan, langsung diklik saja.

terima kasih sbelumnya,,, q ud baru coba cara aghan yg diatas, dan hasilnya :
pas di buka file .bat nya muncul jndela CMD sesaat, klo nda salah tertulis “you must run this command from a command prompt with administrator privilage” persis saat buka cmd d menu “run” kemudian mengetik perintah tadi. . .
ada solusi lain ngk, plisss^^

mas, kenapa pas saya mulai start di command prompt, ada tulisan “could’nt be started, a device attached to the system is not functionning”

mohon bantuannya ..
terima kasih

ud ane coba tapi ngak ke detect yah wifinya di hape ane…

Sepertinya ada syarat tambahan : WLAN card di laptop bukan buatan Intel (disarankan Atheros), sedangkan umumnya untuk mainstream justru dari Intel. Yang laptop pahe (netbook) sering non Intel karena lebih murah.

mas,, saya udh coba.. trus udah k detect oleh handphone wifinya.. tp dr handphonenya blm bsa connect internet.. padahal udh d sharing dr laptopnya..
mohon pencerahannya..
terimakasih atas perhatiannya..

sebenarnya saya telah membuat file exe yang simple untuk membuat hotspot di vista / 7
link-nya: http://dl.dropbox.com/u/35705403/Portable/virtualwifi.exe
file asli: http://dl.dropbox.com/u/35705403/Portable/virtualwifi.bat
other links: http://blog.odydasa.web.id/2011/06/22/membuat-virtual-hotspot-di-win7/

bingung……

kok saat ‘change adaptersetting’ tab sharing tidak bisa ya,nongol ” an occure while ICS was being enabled”…(select private connection ,sy pilih wireless network connection),,,please help me

Mohon Tinggalkan Komentar, Terima Kasih