Mengatasi Error: CPU Fan Failed

oleh Heryan Tony dalam Komputer, Handphone & Internet pada 23-01-2009 jam 2:55 pm

Tags: , , ,

www.opulsa.com

“ERROR: CPU Fan Has Failed! PC will automatically power down in a few seconds. Service the PC immediately to prevent damage to the PC.”

Pesan error yang ditampilkan di layar monitor ketika tombol power di tekan dan dalam waktu 5 detik PC otomatis akan mati (power down). Hal ini sering dialami komputer Build Up HP dan Compaq, seperti yang saya alami sendiri. Apa penyebab timbulnya masalah tersebut, dan bagaimana cara mengatasinya?

Hal ini terjadi ketika komputer pertama dihidupkan, atau timbul setelah melakukan update BIOS. Pada produk HP sudah ditanamkan sensor untuk mendeteksi kipas prosesor (CPU Fan), sehingga bila kipas mengalami gangguan seperti tidak berputar maka sensor akan mendeteksinya dan proses auto shutdown akan terjadi ini diperlukan untuk menghindari panas yang berlebihan pada CPU yang pada akhirnya dapat merusak komponennya.

Akan tetapi setelah saya mencoba mengganti kipas dengan kipas biasa bukan kipas prossesor, pesan “Error: CPU fan failed” terus terjadi dan komputer langsung mati. Ini berarti sensornya masih mendeteksi keberadaan kipas yang terhubung dari mainboard. Sementara kipas yang saya pasang terhubung ke kabel dari Power Supply (PSU).

Sebenarnya kita masih dapat masuk ke System dengan menekan tombol F2 secara berulang setelah tombol power on, fungsi tombol ini untuk membatalkan kerja sensor yang ada di mainboard sehingga power tetap jalan dan komputer bisa loading seperti keadaan normal. Akan tetapi, solusi yang terbaik adalah dengan mengganti kipas yang rusak tadi. Dan masalah pesan error ini dapat kita atasi dengan melakukan pengaturan pada BIOS.

Langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Masuk ke dalam BIOS dengan menekan tombol F11 secara berulang, bila belum juga bisa silakan gunakan tombol F1 atau F10.
  • Setelah berhasil masuk BIOS, pilih menu Advanced, pilih Hardware Monitor tekan Enter, pilih CPU Fan Check kemudian tekan Enter lagi, karena CPU Fannya tidak ada maka kita pilih “Disable” saja. Agar tidak dilakukan pengecekkan.
  • Selanjutnya tekan F10 untuk menyimpan pengaturan dan keluar dari BIOS.
  • Hal ini dapat juga dilakukan ketika pesan error yang timbul setelah melakukan update BIOS untuk komputer HP.

Pesan-pesan yang timbul dapat berupa seperti ini:

“ERROR: CPU Fan Has Failed! PC will automatically power down in a few seconds. Service the PC immediately to prevent damage to the PC.”

atau

“CPU Fan Failed. Press F2 to continue to boot. Otherwise, the system will power down in five seconds. Have system serviced immediately

Source: HP technical support

Dapatkan Update Terbaru via Email DAFTAR SEKARANG!



Comments:

sy sudah mendiseble cpu fan, tetapi pesan cpu fan error masih muncul, terus bagaimana cara mengatasinya. trims.

cara menghilangkan deteksi fan eror pada saat pc di hidupkan

Bagaimana caranya mengatasi cpu pas dihidupkan gak mau connect ke monitor. Saya sudah cek kabel VGA nya bagus. Jadi apa penyakitnya. Mohon di balas di email.
Terimakasih…

iya nih komputerku meskipun bukan hp,muncul pesan CPU Fan Error saat dihidupkan,tapi begitu ditekan F1 jalan lagi.Ini berarti harus ganti kipas yg diprosesor ya ? Thanks

Bagaimanakah mengetahui memori yang sudah rusak ? …………..

mas..

saya mau nanya ne..

tadi kan ada di singgung tentang setting BIOS,
pilih menu advance, truss CPU fan check, disable.

bagaimana kalau bios nya gk bisa di setting..???
enabled atau disabled nya gk bisa di ubah value nya…???

gimana tu mas..????

saya sudah coba clear Cmos nya, tp tetap aja value nya gk bisa di ubah..

satu lagi mas..

fan yang sesuai kira2 fan yang bagaimana ya mas..???

mohon pencerahannya mas…….

terima kasih

masalahnya di bios tidak ada hardware protectionnya, jadi tidak bisa mendisable fan cpu.
tolong bantuannya.

tolong bagi fungsi cpu

mas saya mau tanya kalo cpu nya ada tulisanya ” 15 menit akan mati” nag gft saya sudah cek kipas, dah bags banget,tp tetep aja ndk bisa masuk bios, suadh aku tekan F11, dan sebagainya tapi tetep ndk bisa masuk mbios . sekian terimakasih

artikel anda hampir semua sama yang ada di internet tapi itu sebagian dari teori,tapi saya punya pengalaman dan ternyata letak kesalahan cpu fan failed terletak pada kecepatan kipas itu.klo dibawah 1500 rpm walau didisable pesan itu akan tetap ada sampai akhir khayat cz untuk mencegah overheatng mobo.untuk mengatasinya tinggal ditambah power suplay ke mobo,gampang kan

Mobo saya hp build-up. kasu smdgn diatas. trims sarannya, akan saya coba. tapi ada yang baru lagi. Sekali hidup – dimatikan, tidak dpt dihidupkan lagi kecuali listrik dicabut dan dipasang lagi baru dihidupkan. Pripun mas solusinya ???, Trims.

gimana mengatasi system fun failid, menekan F2 ga bisa juga.
ada cara lain ga?

gimana mengatasi system fun failid, menekan F2 ga bisa juga.
ada cara lain ga?
tolong donk balas ke email saya…..

bang ..
klo vga rusak bisa diperbaiki gak?bls

tiba-tiba computer saya gak conneck kekomputer..
saya pakek vga agp….
tolong solusinya bang………

trimakasih mas mau membagi ilmu

kalo dibios ga ada menu cpu fan check…gimana cara disable,a..!

tank kk atas sarannya

Wah artikelnya bisa jadi masukan baut ane.

Ane punya artikel buat nambah pengetahua kita, tentang error message di internet. kasi tau meaning of error message dalam initernet. ni artikelnya Meaning of 400, 401, 402, 403, 404, 500, 509 error message kunjungi gan. nambah pengetahuan mengenai error message pada internet.

infonya sangat membantu
CPU milik saya sering eror dan sekarang saya bisa mengatasi masalah itu sendiri tanpa bantuan tukang service

GAK NGARUH ……………….. !!!!!!!!!!!!!!!!

kalo pc nya mek asus sama ga mas?

cara mengatasi fan error walaupun sudah diganti fannya yg punya intel tolong solusinya

boss mau tanya, klo VGA saya rusak bisa di bnerin gg .. ?

Mksh mas atas saran dan ilmu nya…semoga bermanfaat buat yg lain nya juga.mksh mksh mksh

komputer qu pas di hidupin muncul di layar monitor adist error,,,,mintak restar ulang,,,tpi ngk bisa2 muncul,malah balik kayak gtu lagi

Mohon Tinggalkan Komentar, Terima Kasih