Membuat Subdomain Beda Hosting

oleh Heryan Tony dalam Blogging Tips, Domain pada 31-01-2010 jam 3:11 pm

Tags: , , , , , , , ,

Membuat subdomain beda hosting, maksudnya membuat sub domain dari domain utama tapi tempat file webnya berbeda server dari domain utama. Hal ini dapat kita lakukan karena berbagai alasan sehingga kita membutuhkan tempat hosting baru untuk subdomain tersebut, di antaranya masalah hosting yang sudah penuh, ingin mencoba tempat baru, ingin membuat blog yang berbeda misalnya domain utama di Blogspot sedangkan subdomainnya menggunakan WordPress, forum, mengurangi beban di hosting utama dan berbagai alasan lainnya.

Cara membuat subdomain beda hosting dapat kita lakukan dari cPanel maupun layanan free DNS seperti DNSPark dan EveryDNS. Untuk membuat subdomain dalam satu hosting dapat kita lakukan dengan mudah dari menu Subdomain yang ada di cPanel atau dengan menambahkan CNAME baru dari akun free DNS yang digunakan. Namun untuk membuat subdomain beda hosting kita perlu membuat DNS Record baru.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk membuat catatan DNS (Domain Name System) baru adalah adanya fasilitas atau fitur DNS Zone Editor di cPanel yang digunakan, jika menu ini tidak tersedia, kita perlu meminta bantuan pihak hosting untuk dibuatkan DNS record baru sesuai dengan sub yang akan dibuat. Tapi jika dari free DNS fasilitas ini selalu tersedia. Dan, untuk hosting tujuan juga sudah tersedia fasilitas addon domain.

Caranya adalah dengan membuat Host Name baru sesuai dengan nama yang diinginkan, misalnya blog, sehingga hasilnya akan menjadi blog.heryantony.com. Selanjutnya masukkan IP Address dari tempat hosting yang akan dituju. IP Address hosting ini dapat dilihat dari cPanel atau dengan melihat IP Address dari domain utama hosting yang akan dituju yang dapat dicek melalui berbagai cara, misalnya dari domainwhitepages.com. Jika alamat IP sudah diketahui, silakan masukkan pada kolom yang tersedia di menu Edit DNS cPanel atau free DNS Anda. Akhiri dengan menekan tombol Add record atau apalah yang tersedia. Nah, sekarang pembuatan A Record atau DNS Record telah selesai.

Langkah berikutnya menambahkan subdomain yang telah dibuat ke tempat hosting baru. Silakan buka cPanel dan cari menu Addon domain, tambahkan subdomain tadi. Langkah selanjutnya terserah Anda :) seperti membuat database baru atau import database dari tempat lama dan install WordPress manual atau langsung install otomatis dari fantastico de luxe seperti cms, blog, atau software forum dan website generator lainnya.

Dapatkan Update Terbaru via Email DAFTAR SEKARANG!



Comments:

Trims infonya
Bisnis hosting dengan komisi $125

mantep mas infonya lain kali di coba deh :) oh iya mas lam kenal juga ya

[…] Cara membuat subdomain beda hosting bisa kita lakukan dari cPanel  milik kita atau bisa juga melalui layanan free DNS seperti DNSPark dan EveryDNS. Untuk membuat subdomain pada satu hosting bisa kita lakukan dengan cara yang simpel dari menu Subdomain yang berada pada cPanel atau bisa juga dengan menambahkan CNAME baru dari akun free DNS yang kita gunakan. Tetapi untuk membuat sebuah subdomain namun berbeda hosting nya kita perlu membuat suatu DNS Record baru. […]

kelihatanya masuk akal,
tapi setelah dicoba nggak bisa.
subdomain itukan fasilitas dari hosting bukan fasilitas domain????
jadi mustahil kayaknya.
btw, artikelnya kok sama ini
http://hasiaulia.net/2010/03/18/membuat-subdomain-beda-hosting/

Sayang tempat saya hosting tidak mengijinkan Addon domain, so tidak bisa mencoba. Tapi sudah tambah ilmu baru nih.. Terima kasih.

makasih bos untuk tipsY

salam kenalY

kog gg bisa sih ? memang mustahiL dunk beda hosting kalau add domain saya coba bisa, tp saya pakek blogspot apa bisa ya subdomaib saya masukion ,? saya memang pernah melihat tmn sy bisa,

Wah saya tertarik sekali untuk membuat subdomain beda hosting.. Kalau memang benar-benar bisa, rencananya saya mau buat subdomain dari domain utama saya ladangilmu.com menjadi subdomainnya blog.ladangilmu.com, lalu ngehostnya di hosting2 gratis.. Bakalan bonafit banget tuh plus domain utama kita jadi terdongkrak.. Pengen nyoba juga?

@sofiudin : wah sayang banget. Memang pake paket yang berapaan sebulan. Saya pake paket sebulan 10rb, fiturnya lengkap cuman space 150mb dan bandwidthnya 8gb setandar pemula.. Hihi

koksusah sih bos???
:bingung

mantap bro tutornya….. 😀

tutorial yang mantap…
Ini, nich yang ane cari2…
Terima kasih atas infonya gan, sangat membantu….

Mantap informasinya gan…

mas kalo kita beli domain aja trus kita ingin buat subdomain gimana ya. Musal blog 1 di blogger jadi domain utamanya dan blog 2 di blogger jadi subdomainnya… kira kira gimana caranya dan yang pas beli dimana domainnya. Catatan : visitornya kebanyakan bule …. Thanks infonya …

@Wan
silakan gunakan layanan free dns atau gunakan registrar domain yang memiliki fasilitas ini. kita bisa saja menambahkan subdomain sebanyak yang kita inginkan walaupun di blogger dan hosting lainnya.

Walah…. males baca gan….. gag da skrin sut nya.. :mrgreen:

Kalau subdomainnya di blogger apa sama juga?

kalau ada gambarnya keliatanya lebih menarik deh, nyubi kaya daku bakal lebih mudeng 😀

Mohon Tinggalkan Komentar, Terima Kasih