Matikan Komputer Secara Otomatis

Matikan komputer otomatis atau shutdown otomatis dapat dilakukan dengan mudah tanpa tools. Bekerja di depan komputer, apa lagi malam-malam sering membuat kita merasa lelah, ngantuk dan akhirnya tertidur sementara komputer masih menyala, hal ini tentu akan menambah tagihan listrik bulanan Anda selain itu akan memperpendek usia PC kesayangan. Sekarang sudah banyak tersedia aplikasi untuk melakukan shutdown komputer secara otomatis berdasarkan jadwal yang telah ditentukan sebelumnya. Kali ini kita tidak akan menggunakan aplikasi dari pihak ketiga, namun hanya menggunakan fitur bawaan dari Windows Anda sendiri. Ikuti langkah-langkah pembuatan jadwal shutdown otomatis berikut ini.

Hal pertama yang perlu kita lakukan adalah membuat file .bat yang berisi perintah untuk men-shutdown komputer. Buka aplikasi notepad bawaan windows Anda, kemudian tuliskan perintah seperti ini:

SHUTDOWN -S

Kemudian simpan dengan nama apa saja, pada bagian “save as type” pilih All Files dan beri nama misalnya “matikan komputer.bat” akhiri dengan ekstensi .bat. Kemudian letakkan di mana saja. Setelah itu kita perlu membuat jadwal untuk menjalankan file “matikan komputer.bat” yang telah kita buat tadi, di mana fungsi dari file ini adalah untuk men-shutdown komputer “-s” kalau diakhiri dengan “-r” untuk merestart komputer.

Buka Menu Start dari Windows XP Anda, All Programs, Accessories, System Tools, Scheduled Task, kemudian setelah tampil jendela “Scheduled Task” pilih “Add Scheduled Task” pilih Next, klik tombol Browse untuk mencari file “matikan komputer.bat” yang telah kita buat tadi. Kemudian tekan “Next” dan pada bagian bawah “Perform this task” silakan pilih salah satu jadwal sesuai yang Anda inginkan. Kemudian tekan Next, dan selanjutnya masukkan password logon windows Anda (ini merupakan salah satu syarat agar jadwal yang anda tentukan dapat berjalan). Isikan password, kemudian ulangi lagi password tadi dan tekan “Next” dan selanjutnya beri tanda centang pada pilihan “Open advanced properties for this task when I click Finish” (hal ini berguna agar kita dapat melakukan pengaturan selanjutnya, di mana kita akan mengatur jadwal matikan komputer ketika komputer dalam keadaan Idle). Kemudian tekan tombol Finish, maka jendela AdWizard akan tampil, pilih tab “Schedule“, pada bagian bawah “Schedule Task” pilih “When Idle” selanjutnya tentukan waktunya berapa lama komputer dalam keadaan idle baru jadwal shutdown akan dijalankan. Pada bagian “When the computer has been idle for ……” (tentuka berapa lama jadwal akan aktif setelah tidak ada aktifitas di komputer Anda).

Dengan mematikan komputer pada saat idle akan membantu menghemat energi listrik yang terpakai. Jadwal ini akan berjalan setiap komputer dihidupkan, dan akan menjalankan tugas tadi setelah komputer tidak melakukan aktifitasnya. Misalnya: ketika Anda tertidur karena kecapean πŸ˜€

Selamat mencoba.

19 thoughts on “Matikan Komputer Secara Otomatis

  1. ricky

    mas saya nyari notpadnya ngak tau gmn cara mulainya maklum masih awam….bisa lebih terperinci ngan biar lebih mahir n bisa ngeshare infonya ke yg lain…..

    Balas
  2. daviv

    kalo untuk meng non aktifkan nya bage mana caranya. misalnya kalo tidak di mau di gunakan lagi biar g aktif lagi…terima kasih infonya

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *