Lebay, Apa Artinya?

Lebay salah satu istilah gaul yang sering digunakan oleh anak-anak zaman sekarang. Dalam beberapa tahun terakhir saya kerap mendengar kata Lebay, sudah sering mendengar bahkan dibilang lebay pun sering 🙂 tapi saya baru tahu kalau arti dari kata lebay belum lama ini.

Kian hari istilah lebay banyak bermunculan di berbagai tempat, akhirnya saya yang masih bengong dengan istilah ini memutuskan untuk googling. Eh, ternyata banyak juga yang belum ngerti istilah lebay. Berdasarkan hasil pencarian ditemukan berbagai arti, di antaranya adalah: lebay = berlebihan, lebay = lebih (diucapkan dengan logat keinggrisan, lebaih karena i = ai, jadi lebaih akhirnya menjadi lebay.

Lebay ditujukan kepada seseorang yang tingkahnya over acting, berlebihan, kecentilan, misalnya: sesuatu ga lucu dilucu-lucuin, semestinya cuma nyengir menjadi terbahak-bahak sampe terkencing kencing 😀

Mungkin ada yang ingin memberi tambahan arti kata lebay? Silakan…..

50 thoughts on “Lebay, Apa Artinya?

  1. Achmad

    wah ada – ada aza istilah anak muda sekarang…..yang dikembangkan bukan bahasa indonesia yang sesuai EYD tetapi malah bahasa Gaul….. 😀 aku sendiri baru dengar istilah ini .. 🙂

    Balas
  2. setiyawan

    menurut koran wawasan yang saya baca tgl 14/04/10 lebay=lesbong=lesbi……jadi bukan cuma berlebihan aj tapi lebay juga artinya wanita yang suka sesama jenissss….
    salah pa ga ya artinya gtu….masak koran bisa salah……

    Balas
  3. oim

    ada yg bilang lebay itu dari kata lebei… yg artinya Lemah Berfikir… atau sama dengan TelMi… klu TelMi itu dipopulerkan oleh akademisi klu lebei dipopulerkan oleh bancismi…

    Balas
  4. Rambo

    thanx bro… saya aja baru tahu…. saya kira lebay itu istilah buat laki-laki yang tingkahnya seperti perempuan…… heheh

    Balas
  5. ale

    @luphly….dasar anak kencur yg so tau lo ah, ngakunya anak gaul.
    smua nya salaaaaaaaaah…nma gw ALE sejak kecil gw udah ga asing lagi dgn kt LEBAY soalnya hampir tiap pagi dgr kt lebay , itu yg biasa diucapin bokap gw klo mw brangkat kerja ” LE BAAAAY “

    Balas
  6. Blue cane

    kalau pengertian saya sih….. lebay artinya lemah, lambat, tidak cekatan. ne jarene wong Tegal jawa tengah kwe artine KLEMAD KLEMED. Gitu lhooo… salam buat yang ngatain Lebay yaaa….

    Balas
  7. Blue cane

    kalau pengertian saya sih….. lebay artinya lemah, lambat, tidak cekatan. ne jarene wong Tegal jawa tengah kwe artine KLEMAD KLEMED. Gitu lhooo… salam buat yang ngatain Lebay yaaa….trima kasih.

    dimoderasi artinya apa ? apa ada hubungannya dengan lebay

    Balas
  8. wedy

    lebay itu kan istilah bbrp anak muda.gak semua.yg gak tau trus diblg gak gaul.gak wajib tau kok.dan gak wajib ikut2-an biar diblg gaul.dikamus juga gak ada.justru banyak anak sekarang suka2 ikut2-an.biar dibilang gaul ..he..he..he..

    Balas
  9. Vacot

    Lebay tu berlebihan dari yg seharusx, cowok suka ma cowok misale… Yg seharuse cowok suka ma cewek… Tapi gue sering juga di lebai-in.. Heeee

    Balas
  10. Atef M

    saya merupakan orang yang tidak setuju dengan adanya istilah lebay, menurut saya lebay ialah suatu istilah yang bersifat ejekan atau penghinaan kepada karakter dan cara pengekspresian pendapat, sikap dan perasaan yang bersifat natural, murni atau asli berasal dalam diri seseorang yang menuju kearah pengelompokan suatu golongan dimana golongan tersebut memiliki image jelek bahkan bisa disebut “menjijikan” bagi yang menilainya dengan istilah tersebut.
    contoh pernyataan : “ih dia mah orang lebay”
    contoh lain : lagi cerita sedih sambil nangis dianggap lebay, lagi bahagia trus jingkrak2 teriak dianggap lebay, tu wajar kan, trus kenapa dianggap lebay??bilang saja berlebihan sudah cukup, ga harus pake kata lebay.
    berapa banyak orang yang tak jadi mengeluarkan pendapat, ekspresi dan eksistensinya hanya karena takut dianggap lebay,

    Balas
  11. Nikho Adria

    Lebai, kalau sekarang ditulis “Lebay”, dimana kata ini tidak terdapat dalam KBBI. Tapi orang Melayu mengartikan Lebai sebagai oarang yang faham tentang agama, dan atau seorang gharim

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *