Kompres MP3 dengan RazorLame

RazorLame salah satu mp3 encoder dan decoder mungil yang layak digunakan untuk mengkompres MP3. Dengan menggunakan MP3-Encoder LAME, akan menghasilkan file audio yang berkualitas tinggi dan prosesnya pun terbilang sangat cepat. Selain gratis, aplikasi ini juga memiliki berbagai fitur lainnya seperti: mengatur bitrate untuk mengecilkan ukuran file MP3 Anda.

Sebelumnya telah dibahas mengenai cara membuat file mp3 dari vcd, ukuran yang dihasilkan mungkin terlalu besar dan memiliki kualitas suara yang bagus karena memiliki bitrate yang tinggi. Jika Anda ingin mengecilkan ukuran file MP3 Anda, dapat dilakukan dengan mengurangi bitrate dari file mp3 Anda sehingga menghasilkan ukuran yang lebih kecil. Selain itu RazorLame dapat juga digunakan untuk decoder dari MP3 ke format WAV.

Selain RazorLame, banyak juga tersedia berbagai software encoder dan decoder lainnya. Ada yang bersifat gratis dan trial maupun berbayar. Karena ukuran file RazorLame ini terbilang cukup kecil, tidak ada salahnya jika Anda mencobanya juga. Software ini sudah terbilang agak lama, dan bersifat program Open Source, serta dapat dijalankan pada berbagai platform Windows.

Proses penggunaan Razor ini cukup mudah: Dengan cara menambahkan file yang akan diedit dengan memilih Add Files, dapat dilakukan satu-satu atau pada banyak file sekaligus. Kemudian lakukan pengaturan dari menu LAME atau LAME Options. Selanjutnya pilih Bitrate sesuai yang Anda inginkan, semakin besar semakin bagus begitu pula sebaliknya. Akan tetapi semakin kecil bitrate, ukuran file pun semakin kecil. Dan tentukan Mode yang ingin digunakan: Stereo, Joint Stereo, Mono, dll. Selain itu pengaturan ini dapat juga kita simpan, kemudian jika diperlukan dapat dipanggil kembali sesuai dengan nama yang telah kita tentukan sebelumnya. Selanjutnya proses Encoder dan Decoder file MP3 Anda dapat dilakukan. Namun sebelumnya tentukan tempat output dari hasil encoder nantinya.

Download RazorLame 1.1.5a

16 thoughts on “Kompres MP3 dengan RazorLame

  1. nomercy

    kalau dibandikan dengan format .ogg dari ogg vorbis bagaimana kualitas kejernihan suaranya mas? … soalnya saya selama ini pakai format .ogg …

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *