File .htaccess, Manfaat dan Cara Penggunaan

oleh Heryan Tony dalam Blogging Tips pada 09-02-2009 jam 11:27 pm

Tags: , , ,

Beberapa hari ini blog saya dibanjiri oleh komentar SPAM, kemaren baru saja menghapus seluruh komentar spam baik yang tertangkap oleh Akismet maupun yang bukan. Namun hari ini komentar spam yang masuk sudah melebihi 40 komentar. Setelah saya teliti memang alamat IP yang digunakan sama, dan saya akan mencoba untuk memblokir alamat IP yang digunakan oleh spam tadi lewat cpanel, tapi entah kenapa hari ini control panel tidak bisa diakses, akhirnya saya menggunakan file .htaccess untuk memblokir alamat IP spammer tersebut. Apakah file .htaccess, bagaimana cara penggunaan dan apa saja fungsi serta kegunaan .htaccess?

File .htaccess adalah file teks ASCII yang terletak di dalam root direktori biasanya “public_html” yang sering digunakan untuk mengubah pengaturan default dari web server yang digunakan. Sehingga manfaat dari file .htaccess ini besar sekali. Dan merupakan Web Utility yang sering digunakan oleh para web master.

Berikut ini beberapa manfaat dari file .htaccess:

  • Memblokir alamat IP tertentu, hal ini jika kita ingin agar alamat IP tertentu tidak dapat mengakses website kita maka kita dapat menggunakan kode sebagai berikut:
  • Order Deny,Allow
    allow from all
    deny from 111.222.111.000

    Maksud adalah semua alamat IP akan diperbolehkan mengakses website kita kecuali alamat IP 111.222.111.000, sedangkan bila kita ingin memblokir alamat IP yang memeliki rentang dari sekia sampai sekian maka kita perlu menambahkan kode:

    deny from 111.222.111.

    maksudnya alamat IP dari 111.222.111.0-100 akan diblokir. Pengaturan yang kita lakukan ini juga akan terjadi seperti kita lakukan lewat control panel (IP deny manager). Bila kita ingin memblokir berdasarkan alamat website, kita perlu menambahkan pada baris berikutnya sesuai dengan nama web yang akan diblokir dengan didahului tanda titik. contohnya: deny from .huruhara.com

  • Redirek halaman lama ke halaman baru, contohnya seperti yang pernah saya alami sendiri ketika halaman terdahulu pernah dilink oleh pengunjung lain di blognya, akan tetapi sekarang halaman tersebut sudah saya hilangkan dan tindakan meminta agar ia mengganti linknya tidak mungkin kita lakukan, maka agar pengunjung tadi tidak menemukan halaman yang error maka saya melakukan redirek halaman lama ke halaman baru yang sesuai keinginan kita. Tambahkan seperti contoh kode berikut:
  • Redirect permanent /halaman-lama http://www.heryantony.com/halaman-baru

    Maksudnya adalah /halaman-lama sesuai nama link halaman sebelumnya dan diganti dengan halaman yang sekarang. Misalnya /download http://www.heryantony.com/unduh

    Selain itu kita dapat melakukan redirek halaman ketika kita akan melakukan perbaikan pada website atau blog kita, dan agar pengunjung langsung menuju ke halaman yang telah kita tentukan maka kita perlu menambahkan kode berikut ini:

    order deny,allow
    deny from all
    allow from 222.222.222.222
    ErrorDocument 403 /istirahat.html
    <Files istirahat.html>
    allow from all
    </Files>

    Maka ketika pengunjung lain yang datang akan langsung melihat halaman istirahat.html sedangkan alamat IP 222.222.222.222 (misalnya alamat IP punya kita) dapat mengakses website dengan normal (bukan halaman istirahat.html).

  • Mencegah eksplorasi pada direktori. Misalnya kita memiliki banyak file pada direktori tertentu, maka untuk mencegah pengunjung melihat keseluruhan dari isi direktori tadi maka kita perlu menambahkan file index.php pada setiap direktori akan tetapi hal ini tidak mungkin dilakukan dan sebagai gantinya kita hanya perlu menambahkan kode berikut ini:
  • Options All -Indexes

    Sehingga setiap pengunjung yang mengetikkan url seperti ini, misalnya: http://heryantony.com/download maka akan timbul pesan error “404” atau langsung meredirek pada halaman lain sesuai dengan pengaturan yang kita lakukan.

  • Pengaturan permalink, agar kita dapat melakukan pengaturan pada permalink kita biar lebih SEO friendly kita dapat menambahkan kode berikut ini:
  • RewriteEngine On
    RewriteBase /
    RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-f
    RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-d
    RewriteRule . /index.php [L]

  • Untuk pengaturan lain seperti hot linking protection sangat berguna untuk mencegah pencurian bandwidth, dan pengaturan password, dll Anda dapat mengunjungi .htaccess file generator online. Selain itu dapat juga kita lakukan melalui cpanel.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat.

Dapatkan Update Terbaru via Email DAFTAR SEKARANG!



Comments:

Bagus situsnya, artikelnya sangat bermanfaat

Nanang Ars’s last blog post..FREE PAS WEBSMS SIAP RUNNING

Thx ya, pak

wah artikelnya bagus sekali
boleh di pajang di blog ku gak mengenai artikel ini?
biar penyebaran ilmunya semakin luas ??

sekali lagi terimakasih ya pak

Silakan, bro :)

Salam kenal mas,saya suka dengan penulisan contentnya.

Emang keren banget content nya, asliiiiii…….. =)

thanks atas infonya sangat bermanfaat skali nich salam kenal..

wah ,,, akhirnya,,,,
ooo gitu ya, untuk sekrang ini saya baru bisa ngerti buat yang permalinknya doank nih, buat yang lainnya masih blon mudeng,,,,,hehe maklum saya agak susah ngerti klo blom berkali2 hehe
terimakasih telah berbagi,,,,,

jadi nambah nih ilmu ane :-)
thank’s gan
mampir ya ke tempat ane

cara pemasangannya .httaccess bagaimana caranya ya mas. apakah setiap situs bisa langsung dipasang begitu saja atau ada tekniknya dan syarat2 lainnya. terima kasih atas bantuannya.

Terimakasih pak
sangat membantu

Bos saya mengalami masalah dengan web saya, ketika membuka index.php atau file file php lainya tidak bisa terbuka malah terdownload, Bagaimana cara mengatasinya?Saya browsing di google banyak yg mereferensikan untuk mengecek .htaccessnya. terus gmn caranya bos. saya menggunakan php 5.2.17 tolong balas ke email saya
Matur Nuwun

mas gmana caranya biar web kita g bisa diklik kanan heheheheeheh
bagi tipsnya dong……

sangat bermanfaat,, makasih :)

thanks informasinya gan

Maaf Bos, numpang mejeng ya… sekaligus tanya ketika saya menerapkan meta tag terjadi error server aplikasi dan diminta untuk melakukan pengaturan pada template baris sekian …. telah disebutkan tapi saya bingung tuh ngeditnya, harus di buat bagaimana templatku. saya coba mencari di google tentang pesan error server dan saya menemukan Bos ada disini, eeee malah semakin linglung jadinya… gimana ya Bos… trafik pengunjung semakin melorot akibat error ini, tolong dong …

Mohon Tinggalkan Komentar, Terima Kasih