Cara Pasang Tombol Kamera Mundur dengan Relay 5 Kaki

oleh Heryan Tony dalam Otomotif pada 17-12-2019 jam 10:51 pm

Tags: , , , , ,

Relay 5 KakiKamera mundur biasanya akan aktif ketika tuas gigi mundur (R) aktif atau dipasang bersamaan dengan lampu mundur dan tidak akan aktif ketika berjalan ke depan. Namun kadang kita perlu juga mengaktifkan kamera belakang (rear camera) untuk memantau keadaan di belakang sambil berjalan ke depan. Untuk itu kita perlu menambahkan tombolnya agar bisa aktif selain melalui switch gigi mundur. Kita bisa saja menambahkan tombolnya, namun ketika tombol pada posisi off, maka kamera tidak akan aktif ketika tuas gigi mundur (reverse) aktif dan harus diaktifkan (On) juga pada tombolnya. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, maka kita perlu menambahkan relay untuk membantu kerja tombol tersebut agar tidak mengganggu fungsi dari tuas rem.

Di sini kita perlu menambahkan relay 5 kaki atau 5 pin. Fungsi relay di sini adalah agar ketika tombol “ON” aktif kamera dapat menyala, dan ketika tombol sedang “OFF” fungsi menyalakan kamera dari tuas gigi mundur akan tetap berjalan tanpa harus menekan kembali tombol “ON”. Jadi antara “Tombol” dan tuas gigi mundur tidak saling mempengaruhi fungsinya untuk mengaktifkan kamera.

Yang kita perlukan adalah:

  1. Relay 5 Kaki
  2. Socket Relay 5 Kaki
  3. Tombol ON/OFF
  4. Kabel

Relay dan socket dapat dibeli di tempat variasi mobil, bengkel mobil, toko elektronik ataupun beli online seperti di tokopedia, bukalapak, lazada, shopee, dll.

Sedangkan cara untuk pemasangan kabel pada relay adalah:

  1. Kaki 30 dihubungkan ke kabel power (warna merah) dari kamera.
  2. Kaki 87a dihubungkan ke sumber power (+) dari lampu mundur.
  3. Kaki 87 dihubungkan ke sumber power dari aki (+) dan dihubungkan juga ke Tombol.
  4. Kaki 85 dihubungkan ke Tombol.
  5. Kaki 86 dihubungkan ke ground/body mobil (sumber listrik negatif (-) untuk tombol)

Kabel negatif dari kamera, dihubungkan ke negatif lampu mundur. Jadi dari rangkaian di atas, sumber listriknya ada dua, yaitu dari lampu mundur, dan dari aki. Kaki 87a (sumber positif dari lampu mundur) dan 87 (sumber listrik positif dari aki) akan bekerja secara bergantian tanpa mengganggu kerja satu sama lain. Hal ini dilakukan secara otomatis di dalam relay. Fungsi tombol adalah menghubungkan listrik positif (+) dari 87 ke 85 untuk mengaktifkan kamera.

Sebelum disambungkan, cek terlebih dahulu koneksivitas dari masing-masing kabel dari socket, karena jika serabut kabel rusak/putus fungsi relay tidak akan berjalan sesuai yang diharapkan. Jika kabel ada yang rusak, silakan diganti. Namun setelah semuanya normal, tentuya akan dapat berjalan sesuai dengan yang diharapkan yaitu:

  1. Kamera akan aktif, jika tombol On dan mati ketika tombol Off.
  2. Kamera akan aktif, jika tuas persneling mundur aktif.
  3. Walaupun tombol pada posisi Off, maka fungsi menyalakan kamera dari tuas posisi gigi mundur akan tetap berjalan.

Nah, sekarang kita dapat mengaktifkan kamera tanpa harus memindah tuas gigi R, tapi juga dapat dilakukan dengan menekan tombol maka kamera akan aktif baik di saat berjalan ataupun saat mobil berhenti. Begitupun sebaliknya kita dapat menghidupkan kamera dengan gigi mundur tanpa ada pengaruh dari posisi tombol on/off. Jadi, kita dapat memantau keadaan di belakang mobil kapan pun, misal: saat akan berpindah jalur, ingin melihat situasi di belakang pada saat parkir atau pada saat berjalan, ingin melihat kendaraan yang membuntuti dan lain-lain sesuai kebutuhan.

Demikian cara penambahan tombol On/Off untuk kamera mundur atau kamera belakang (rear camera) pada mobil dengan bantuan relay 5 kaki.

Dapatkan Update Terbaru via Email DAFTAR SEKARANG!



Mohon Tinggalkan Komentar, Terima Kasih