Cara Menghapus Driver Printer Windows 7 dan Vista

Cara menghapus driver printer di Windows Vista dan Windows 7 (seven), tujuannya adalah selain untuk membuang driver printer yang tidak terpakai juga untuk menghapus driver printer secara bersih dari komputer. Jika kita menghapus driver printer melalui Control Panel atau “Device and Printer”, memang driver atau printer tersebut akan terhapus, tapi proses penghapusan driver printernya tidak komplit. Berikut ini cara menghapus driver printer di Windows 7 dan Vista.

Ketika kita menginstall printer tersebut kembali kadang akan terlihat tampilan printer copy 1 dan seterusnya. Hal ini terjadi karena drivernya tidak terhapus secara keseluruhan. Pada Windows Vista dan Windows 7 sudah banyak driver printer pada beberapa tahun sebelumnya yang tertanam di Windows, sehingga kita tidak perlu melakukan install driver dari CD atau USB Flash disk, dll. Karena printer akan diinstall secara otomatis dengan driver bawaan dari Windows tersebut. Hal inilah kadang membuat Printer Copy 1 dan seterusnya.

Cara menghapus (delete) driver printer di Windows 7 atau Vista adalah sebagai berikut:

  • Klik tombol Start, selanjutnya ketikkan perintah printmanagement.msc pada kolom pencarian (run) atau tekan tombol keyboard, yaitu kombinasi tombol Windows + R, selanjutnya ketikkan seperti di atas.
  • Selanjutnya jendela Print Management akan terbuka, di bawah root Custom Filters silakan cari All Printers dan All Drivers, silakan hapus printer dan driver dari sana, dengan cara Klik Kanan, kemudian pilih Delete, atau pilih printer atau driver yang ingin dihapus selanjutnya klik tanda silang X untuk menghapus printer dan driver yang diinginkan.
  • Sekarang proses penghapusan printer dan driver yang tidak terpakai telah selesai dilakukan, sekarang tidak akan tampil Printer Copy 1, Printer Copy 2, dan seterusnya.
  • Silakan install ulang printer Anda, jika diperlukan.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat!

16 thoughts on “Cara Menghapus Driver Printer Windows 7 dan Vista

  1. seno

    Saya mah ngga bisa , malah muncul kata “windows cannot find ‘management.msc’ ” Ada cara lain..? Oh ya saya pake Windows 7 Original

    Balas
  2. seno

    masih belum bisa Mas.., udah berkali2, saya tulis printmanagement.msc, masih tetap muncul “Window cannot find……………”

    Balas
  3. Khalid

    iya nih mas, masalah saya sama seperti bung seno, saya tulis printmanagement.msc, masih tetap muncul “Window cannot find……………”

    Balas
  4. OhmRayden

    Plug and Play (PnP) tidak optimal….
    Driver yang disertakan paket pembelian kebanyakan driver versi “lawas”…
    Munculnya printer copy (1), printer copy (2), dst akibat seringnya “berganti” Port (USB) yang digunakan…
    Download driver versi terbaru dari situsnya sesuai dengan Operating System (OS) yang digunakan…

    Untuk menghapus driver…
    Baiknya memakai aplikasi…
    Your Uninstaller…

    Balas
  5. Ady

    Terimakish byk mas Tony

    sudah saya coba buat printer saya yg lemod…akhirnya saya buang dulu driver printer & nama printernya….trus install ulang pakai CD masternya….Alhamdulillah , skrng respon cepat

    Balas
  6. Ping-balik: cara uninstal windows 10 | Download Materi Presentasi | Free PDF Files, eBook, and Document Sharing

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *