BPOM Menyatakan Kosmetik ‘Ponds’ & ‘Olay’ Berbahaya

Kosmetik Ponds dan Olay juga termasuk dalam kategori berbahaya dari 70 item produk yang dinyatakan berbahaya oleh Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM). Menurut BPOM produk kosmetik dari berbagai merek mengandung bahan berbahaya yang bisa memicu gangguan syaraf, perkembangan janin, serta penyakit kanker.

Di antaranya adalah produk kosmetik rias wajah dan rias mata bermerk Natural Belle, Olay, Ponds, dan Detox. Kemudian pewarna rambut seperti Olay, Total White, Ponds Age Miracle.

“Termasuk juga kosmetik untuk peralatan mandi dengan merk Ginzu Strawberry,” ungkap Ketua BPOM Husniah Rubiah dalam konpres di kantornya, Jakarta, Kamis (11/6/2009) seperti yang diliput oleh news.ekozone.com.

BPOM menyebutkan merek Ponds dan Olay yang dilansir tersebut adalah produk palsu yang memang hanya ingin nebeng merek terkenal.

Berdasarkan hasil pengawasan sampling dan pengujian laboratorium sejak September 2008 hingga Mei 2009, produk-produk di atas terbukti mengandung bahan berbahaya seperti merkuri, hidrokinon, asam retinoat, zat warna merah K3, K10, dan Jingga K1.

“Karena itu BPOM telah memerintahkan Balai POM di seluruh Indonesia untuk menarik dan memusnahkan 70 item produk kosmetik yang berbahaya bagi kesehatan,” ungkapnya.

Atas temuan ini, Husniah menghimbau agar masyarakat tidak membeli atau menggunakan kosmetik yang sudah terbukti mengandung bahan berbahaya, karena bisa merusak kesehatan.

Sumber: okezone.com (11/6/2009)

56 thoughts on “BPOM Menyatakan Kosmetik ‘Ponds’ & ‘Olay’ Berbahaya

  1. Ribut Purwanti

    Teman,

    Produk Ponds yang dimaksud diartikel diatas adalah poduk palsu alias bukan buatan Unilever. Sebagai konsumen kita harus berhati-hati dalam memilah dan memilih kosmetik. Tidak hanya disesuaikan dengan kondisi kulit namun dilihat juga apakah kandungannya membahayakan atau tidak.

    Untuk membedakan produk asli atau palsu, sebaiknya kita cermat pada saat melakukan pembelian antara lain dengan memperhatikan harga jual yang wajar, kondisi kemasan dan isi produk , apakah sesuai dengan biasa dipakai, periksa tanda registrasi BPOM, nama produsen pada kemasan produk serta kondisi kemasan produk.

    Kalau mau tahu lebih lanjut monggo di cek di link ini:
    http://news.okezone.com/read/2009/06/11/1/228370/1/unilever-produk-ponds-dipalsukan

    Kalau masih ragu-ragu atau menemukan kejanggalan bisa langsung hubungi Suara Konsumen Unilever di no bebas pulsa 0-800-1-55-8000 atau di nomor pulsa bayar (021) 5299 5299.

    selalu hati-hati ya

    Balas
  2. Rio

    Hi, sekedar mengklarifikasi nih..

    produk2 Pond’s yang diberitakan tersebut adalah memang produk palsu dan tidak di produksi oleh Unilever. Setiap produk Unilever yang diedarkan di pasaran pasti sudah mendapatkan verifikasi dari pihak BPOM dan dijamin aman untuk dipergunakan.

    Sangat disayankan sekali karena ada pihak2 yang memproduksi produk2 palsu ini. Hal ini tentunya sangat merugikan sekali bagi pihak konsumen dan juga pihak produsen nya.

    Nah, Tips untuk para konsumen nih:
    1. Perhatikan harga jualnya apakah wajar atau tidak.
    2. Perhatikan kondisi kemasan dan isi produk , apakah sesuai dengan biasa dipakai
    3. Kepada pemilik toko dan juga konsumen, dihimbau juga agar selalu memeriksa tanda registrasi BPOM, nama produsen pada kemasan produk serta kondisi kemasan produk.
    4. Kalau memang ternyata ada yang janggal dari barang/produk yang akan dibeli segera hubungi layanan konsumen dari perusahaan tersebut. dalam hal ini berhubungan dengan produk Pond’s bisa menghubungi suara konsumen Unilever di nomor bebas pulsa yang bisa di akses melalui jalur telepo biasa (bukan HP) di 0-800-1-55-8000 atau bisa juga di nomor pulsa bayar (Hp bisa ke nomor ini) (021) 5299 5299

    Mudah2an membantu yah… 🙂

    Balas
  3. deliana

    saya beli age miracle pond’s di carefore lebakbulus sekitar april – mei. stlh ada pengumuman di tv ttg kosmetik berbahaya maka saya teliti kembali kemasannya ternyata tdk ada no dari POM baik pd kemasan yang sebelumnya sdh saya pakai maupun yg blm saya pakai khususnya produk miracle age. bukan hanya produk tsb, tetapi jg scrub pond’s. No POM hanya ada pd kemasan Fawlest . saya menggunakan miracle age dan fawlest secara bergantian. memang saya lihat ada noda hitam pada pipi saya yg sebelumnya tdk ada sblm saya menggubakan produk ini. saya jadi kawatir untuk menggunakan kosmetik ponds ini. saya menyesal karena apapun alasannya mengapa masalah ini terlambat ditemukan sementara sdh banyak wanita yg memakainya.

    Balas
  4. bagus

    percuma saja kita ngomong ini itu p jamil palai sepatu. kalau aparat sendirigak tegas nindak. tp kalau betul2 d tindak pasti gak dapat UMPETI. kata jaman dulu. ya udah lah yang penting kita hati2. tapi kasihan yang resmi/ yang izin itu lhooo.

    Balas
  5. ikha

    iya…harus bener2 teliti tuh n kudu bisa ngebedain yg mana asli/palsu..
    klo g’ati2 bisa2 kaya aQ…dpt produk ponds palsu..,,
    wajahQ yang tadinya mulus jadi jerawatannn…
    uughhhh….mana dah hampir 2thn lg g’sembuh2 jrawatnya….:'(

    Balas
  6. lilik

    saya sudah menggunakan produk ponds sejak 7 tahun yg lalu,tapi alhamdulillah gak ad pa2, tapi tolong dong unilever kasih tahu kita apa yg bisa membedakan produk asli n palsu…

    Balas
  7. amania

    spertinYa pra Ahli kimia hrUZ bkerja kras utk pgwsan produk2 di INdonesia……

    mudah2an 3 thn Lge aq bZA mmBrkan sumbangsih Q jg Di bdn pom…

    AQ khn org KIMIa….:)
    hehehee.. aMien^

    Balas
  8. susi mamahnya recha

    sptx semua produk Ponds yg sy liat produkx Unilever dr berbagai negara hanya saja,, yg’asli tuh produknya Unilever Indonesia yaaahh ?? Perjelas donk.
    juga mohon BPOM dn aparat berkompeten menindak tegas, dg mnarik produk dn brlakukan hukuman bagi toko atau para pengedar. Jgn cuma omong doank….

    Balas
  9. MUTH

    huft…..makasih bgd yua inform’y sekarang q tau klo produk ponds ga semuanya asli……….ada juga yang palsu…..

    Thank

    Balas
  10. R.A.PRIMADHANI

    Lebih amannya lagi beli produk ponds atau olay di supermarket atau toko2 besar lainnya atau kalo begitu beli produknya pas lagi ada promosi aja! khan pasti ada mbak2″spg”nya,so bisa tanya2 langsung tentang produk yang dijual ok!

    Balas
  11. tania

    produk yg skrang kan bnyak yg pakai merkuri ni
    trus produk apa dunk yang aman tapi murah?
    soalnyakan hrga prduk kecantikan ngak ada yg mrah,
    karna ngak smua orang bisa beli.termasuk saya
    hehehe….

    Balas
  12. fransisca

    pantesan aja muka gue jerawatan pake pond’s sekarang. dulu saya pake terus to pond’s sejak SMA ssampai lulus kuliah muka saya mulus pake pond’s. tapi sekarang saya gk pake lg.

    Balas
  13. eka

    aku lihat produk olay di pasar” produk olay mascara dan eye liner dengan hrg Rp17000 memang bener itu produk olay asli apa bukan ya,,,?

    Balas
  14. maruta

    aq pake pond’s flawless dh 3 th cocok aj kok, krn mmg aq periksa no dftr bpom n produsennya.
    jadilah pembeli yang cermat
    🙂

    Balas
  15. fitria dewi harahap

    usiaku sudah 39 tahun dan sudah memakai pond’s age miracle sudah lama tapi mudah-mudahan ga apa-apa tuh yang penting sebagai konsumen kita harus teliti dalam membeli kosmetik caranya lihat ada gak tetulis BPOM

    Balas
  16. Ratna Tiara

    Udah 2 mingguan ini aku pakek facial foam pond’s scrub yg warna biru dan sbelumnya aku jga dah cek di sosial media tentang produk itu katanya sih cocok buat kulit berminyak and berjerawat kyak aku ini tapi akhirnya jerawatku nggak sembuh2 malah jadi tambah banyak+jadi malah meradang merah2 gitu. Mulai skrang harus hati2 pilih produk buat wajah dan jangan asal2an milihnya cuma gara2 liat wajah temen putih+kinclong pakek produk itu trus akhirnya ikut-ikutan pakek juga dehh bukannya wajah jadi cantik dan jerawat ilang malah wajah jadi kusam dan jerawatnya makin parah..

    Balas
  17. keke

    Saya sudah memakai produk Ponds sejak masih SMA (sekarang usia saya 24 th) dan Alhamdulillah sejauh ini saya tidak pernah bermasalah dengan produk2 Ponds. Malah dibanding merk lain saya paling cocok dengan Ponds. Saran saya, berhati2 saja dalam memilih dan membeli produk kosmetik apapun, perhatikan kemasannya baik2, pastikan anda membeli produk yang asli dan masih tersegel rapi..

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *